FITNESS & HEALTH

3 Manfaat Okra bagi Penderita Diabetes

Kumara Anggita
Kamis 08 April 2021 / 08:53
Jakarta: Okra adalah salah satu bahan makanan yang wajib ada di menu makananmu, khususnya bagi penderita diabetes. Pasalnya, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa okra bisa membantu mengontrol darah. 

Mengutip dari Healthline, okra telah lama disukai sebagai makanan bagi yang sadar kesehatan karena mengandung kalium, vitamin B, vitamin C, asam folat, dan kalsium. Selain itu, juga rendah kalori dan memiliki kandungan serat makanan yang tinggi. Okra diyakini dapat membantu mengelola gula darah pada kasus tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional.


Berikut ini beberapa alasan mengapa okra disarankan untuk kamu yang punya diabetes:
 


1. Serat makanan


Okra kaya akan serat. Delapan buah polong berukuran sedang diperkirakan mengandung 3 gram serat. Ini membantu pencernaan, mengurangi rasa lapar, dan membuat mereka yang memakannya kenyang lebih lama.

Makanan yang tinggi kandungan serat merupakan bagian penting dari pilihan pengobatan diet untuk diabetes. Peningkatan asupan serat makanan telah terbukti meningkatkan kontrol glikemik yang lebih baik dan meningkatkan sensitivitas insulin.



(Ekstrak biji okra memiliki efek antioksidan dan anti stres dari hasil penelitian. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Efek anti stres


Studi menunjukkan bahwa ekstrak biji okra memiliki efek antioksidan dan anti stres dalam aliran darah tikus. Mengelola tingkat stres merupakan bagian penting dari pengelolaan diabetes. Tingkat stres yang tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Kesehatan mental harus menjadi bagian dari rencana pengobatan diabetes apapun, dan menggunakan okra serta biji turunannya dapat menjadi bagian dari rencana itu.

 

3. Menurunkan kolesterol


Makanan dengan kandungan serat tinggi dan kualitas antioksidan dianjurkan bagi penderita diabetes karena menurunkan kolesterol. The American Heart Association menunjukkan bahwa penderita diabetes lebih cenderung memiliki kadar kolesterol yang tidak sehat.

Ketika kadar kolesterol tinggi dikombinasikan dengan diabetes, prospeknya tidak baik. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa diet kamu memiliki kadar kolesterol yang sehat dan okra bisa membantunya.

(yyy)