FITNESS & HEALTH

7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Kekuatan Otak

Sandra Odilifia
Rabu 24 Februari 2021 / 09:31
Jakarta: Makanan bergizi dan sehat tidak hanya menjaga otak dan kemampuan kognitif, tetapi juga memastikan kesejahteraan kamu secara keseluruhan.

Melansir Times of India, berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk mengaktifkan sel-sel otak dan meningkatkan daya ingat serta konsentrasi, diantaranya:
 

1. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, sarden dan trout merupakan sumber asam lemak omega-3 yang kaya dan dapat membantu membangun sel otak serta saraf. 

 

2. Brokoli

Makanan ini kaya akan antioksidan dan vitamin K. Brokoli dianggap sebagai makanan bergizi tinggi dan dikenal dapat meningkatkan daya ingat.



3. Biji labu

Dikemas dengan antioksidan yang tinggi, biji labu melindungi tubuh dan otak kamu dari kerusakan akibat radikal bebas.


(Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat membantu membangun sel otak serta saraf. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Telur

Telur kaya akan vitamin B6 dan B12, folat serta kolin. Penelitian telah menemukan bahwa asupan kolin yang lebih tinggi dapat menghasilkan daya ingat yang lebih baik dan daya konsentrasi yang lebih tinggi.



5. Jeruk

Jeruk sarat dengan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting untuk mencegah penurunan mental.


(Penelitian telah menemukan bahwa kandungan kolin pada telur dapat menghasilkan daya ingat yang lebih baik. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

6. Bluberi

Kaya akan sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Bluberi dapat mencegah stres mental dan peradangan di otak, yang mungkin menjadi penyebab penuaan otak dan penyakit neurologis.

 

7. Kacang

Terakhir, sudah tak diragukan lagi, konsumsi kacang secara teratur meningkatkan kesehatan jantung dan otak yang sehat lho Teman Gaya!  

(yyy)