FITNESS & HEALTH

5 Penyebab Kamu Sering Mual saat Pagi Hari

A. Firdaus
Jumat 17 Juni 2022 / 12:27
Jakarta: Kerap merasakan mual saat pagi hari, meski kamu laki-laki, atau kamu perempuan yang tidak sedang hamil? Ya, mual dan muntah pada pagi hari bukan cuma dikaitkan dengan morning sickness, yang biasa dirasakan oleh perempuan hamil muda.
 
Menurut Chavi Eve Karkowksy, MD, Direktur medis, kebidanan, ginekologi, dan kesehatan perempuan di Montefiore Medical Group menjelaskan, mual di pagi hari juga bisa terjadi karena sebelumnya bisa saja kamu salah makan, atau karena adanya gangguan kesehatan.
 
Berikut ini 5 penyakit yang memiliki gejala mual di pagi hari dilansir Women's Health:
 

1. Efek samping migrain

 
Apakah rasa mualmu disertai sakit kepala sebelah? Jika ya, ini adalah mual yang terjadi akibat efek samping migrain.

Untuk itu minumlah obat pereda migrain. Setelah itu, berbaringlah pada tempat yang nyaman. Hindari cahaya terang agar migrain tak semakin parah. Kamu juga bisa minum teh yang dicampur madu untuk meredakan mual.
 

2. Pelvic Congestion Syndrome

 
Pelvic Congestion Syndrome atau varises di panggul menjadi salah satu penyebab rasa mual di pagi hari. Sama seperti varises di kaki, dilatasi vena yang abnormal di panggul membuat vena tersebut membengkak dan menempati ruang di panggul.

"Vena yang melebar ini juga menekan usus, ovarium, rahim, dan kandung kemih sehingga menyebabkan berbagai gejala," jelas Christopher C. Hollingsworth, MD dari Asosiasi Bedah di New York City.
 

3. Stres

 
Stres menjadi salah satu penyebab gastritis atau peradangan pada lapisan lambung. Para ahli merekomendasikan beberapa teknik untuk meredakan stres, di antaranya meditasi dan terapi kognitif.

Mengatur pola makan juga sangat penting. Hindari makanan pedas, makan dalam jumlah besar dalam sekali waktu, dan mengurangi asupan kafein.
 

4.  Batu Empedu

 
"Mual dan muntah adalah dua gejala dari batu empedu,' jelas Sandra Fryhofer, MD. Kemungkinan tersebut semakin kuat jika kamu merasakan sakit pada perut bagian kanan atas dan mengalami demam tinggi.
 

5. Asam lambung naik


Coba ingat-ingat lagi, kapan terakhir kali kamu makan? Bila kamu terakhir menyantap makanan jam 7 malam dan tidak sempat sarapan keesokan harinya, maka tak heran jika kamu mengalami mual di pagi hari.

Telat makan menyebabkan asam lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika Anda tidak segera mengisi perut dengan makanan, asam lambung yang naik akan terus melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual. Selain itu, asam lambung juga naik karena mungkin kamu kebanyakan minum kopi.
(FIR)