FITNESS & HEALTH

Benarkah Vitamin D Bisa Cegah Gejala Berat Covid-19?

Raka Lestari
Rabu 09 Februari 2022 / 15:15
Jakarta: Selama masa pandemi covid-19 seperti saat ini, para ahli menganjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D yang cukup. Vitamin D berguna untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah tertular penyakit covid-19.

Pada dasarnya, tubuh akan memproduksi sendiri vitamin D ketika kulit terkena sinar matahari. Akan tetapi, konsumsi suplemen mengandung vitamin D juga banyak dilakukan untuk mencegah kekurangan vitamin D. Namun apakah hal tersebut dapat mencegah tubuh tertular dari covid-19?

Menurut National Health Service (NHS) UK, vitamin D diperlukan untuk untuk menyerap kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang. Selain itu, vitamin D juga penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Dilansir dari Metro.co.uk, penting untuk diketahui bahwa vitamin D tidak dapat melindungi tubuh melawan covid-19. Cara untuk melindungi tubuh dari covid-19 adalah dengan melakukan social distancing dan melakukan perilaku hidup bersih sehat.


manfaat vitamin d saat covid
(Salah satu efek terlalu banyak vitamin D menurut Mayo Clinic adalah dapat menyebabkan mual dan muntah, kelelahan, dan sering buang air kecil. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Berdasarkan website resmi dari  NHS, ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko seseorang untuk terkena covid-19. Akan tetapi, belum ada bukti ilmiah yang mendukung informasi tersebut. Penting untuk diingat bahwa menjaga vitamin D yang cukup dapat membantu kamu untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap sehat.

Jika ingin mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, NHS menyarankan untuk mengonsumsi 10 mikrogram suplemen vitamin D setiap harinya untuk menjaga agar tulang dan otot tetap sehat. Dan biasanya ini dibutuhkan ketika seseorang tidak mendapatkan cukup banyak sinar matahari, misalnya ketika sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

NHS juga menyebutkan bahwa suplemen vitamin D bisa dibeli di toko obat terdekat, tetapi jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan. Dan jika ingin pilihan yang lebih alami, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan seperti ikan berlemak dan susu dan produk olahan susu lainnya.

Menurut Mayo Clinic, mengonsumsi vitamin D berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kalsium dalam darah  (hiperkalsemia), yang dapat menyebabkan mual dan muntah, kelelahan, dan sering buang air kecil.
(TIN)