FITNESS & HEALTH

Benarkah Yogurt Beku Lebih Baik daripada Es Krim?

Raka Lestari
Senin 28 Februari 2022 / 08:00
Jakarta: Yogurt beku saat ini menjadi salah satu camilan yang populer dikalangan pegiat diet. Pasalnya, beberapa dari mereka menganggap yogurt yang disajikan dalam bentuk beku ini merupakan kudapan yang lebih sehat dibandingkan es krim. Selain itu, topping yang beragam pada yogurt beku juga bisa menjadi alternatif ketika bosan mengonsumsi es krim. 

Menurut Gabby Geerts, RD, ahli diet di Green Chef, setengah porsi yogurt beku mengandung sekitar 110 kalori, 3 gram lemak, dan 17 gram karbohidrat. Satu ons yogurt beku mengandung sekitar 25 kalori lebih sedikit daripada es krim. 

"Baik es krim maupun yogurt beku adalah produk yang berasal dari susu sehingga cenderung mengandung jumlah protein dan gula yang sama. Namun memang, es krim biasanya dibuat dengan krim atau lemak susu, yang berkontribusi terhadap kandungan lemak dan lemak jenuh yang lebih tinggi," kata Geerts.

Sementara, yogurt beku terbuat dari susu yang difermentasi dengan kultur yogurt sehingga setara dengan susu rendah lemak. Namun, kelemahan yogurt beku adalah sama seperti produk rendah lemak lainnya yang sering diberikan gula tambahan untuk mengimbangi rasanya agar tidak terlalu kental. 


(Bila kamu ingin membuat sendiri yogurt beku di rumah, usahakan memilih topping yang bebas gula dan lemak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Selain kalori dan lemak, ada perbedaan lain antara yogurt beku dan es krim yaitu kandungan probiotik. “Yogurt beku mengandung dua kultur penting yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilis yang ditambahkan ke dalam susu,” jelas Geerts. 

Akan tetapi, beberapa produsen atau konsumen sendiri menambahkan berbagai topping yang justru dapat mengurangi nutrisi dari yogurt beku itu sendiri. “Terkadang pelanggan menambahkan topping yang mengandung gula seperti permen, bahkan saus cokelat yang membuat yogurt beku justru menjadi tidak sehat,” ujar Dan Nguyen, RD, ahli diet di HelloFresh.

Banyak orang yang lupa bahwa setiap jenis yogurt memiliki kandungan yang berbeda-beda juga. Dan pilihan terbaik adalah dengan membuatnya sendiri. Bila kamu ingin membuat sendiri yogurt beku di rumah, usahakan memilih topping yang bebas gula dan lemak.
(yyy)