FITNESS & HEALTH

Ini 7 Gangguan Kulit pada Bayi

Medcom
Sabtu 14 Mei 2022 / 11:23
Jakarta: Kulit bayi sangat halus dan sensitif. Salah memperlakuan kulit bayi, dapat memicu munculnya masalah kulit.
 
Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap bintik-bintik di kulit. Tak semua bintik berbahaya bagi bayi. Ada jenis bintik tak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.
 
Berikut beberapa masalah umum pada kulit bayi:
 

1. Jerawat


Bintik kecil di wajah bayi cukup umum terjadi. Jerawat biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Kamu tak perlu mengoleskan apapun di kulit yang berjerawat.
 

2. Tanda lahir


Tanda lahir tak berbahaya untuk bayi. Ini umumnya ada sejak bayi lahir atau muncul setelah beberapa minggu atau beberapa bulan setelah bayi lahir.
 

3. Eksim


Eksim atau eksema merupakan peradangan pada kulit yang terlihat seperti melepuh atau gelembung kecil. Masalah kulit ini biasanya lebih sering menyerang bayi yang memiliki riwayat keluarga asma atau alergi.
 
Eksim biasanya muncul pada wajah, siku, dada, atau lengan, dan secara bertahap menjadi kering dan bersisik. Pemicu eksim disebabkan alergi sabun, lotion, atau deterjen yang Anda gunakan ketika mencuci pakaian bayi.
 

4. Kulit kering


kebanyakan bayi lahir dengan kulit yang sangat kering dan mulai mengelupas beberapa hari setelah lahir. Tak perlu khawatir. Kunjungi dokter anak untuk pengobatan.
 

5. Biang keringat


Bintik merah muda pada kulit bayi disebabkan oleh keringat. Biang keringat biasanya muncul di leher, area popok dan ketiak. Disarankan menjaga kondisi bayi agar tetap dingin dengan mengenakannya pakaian longgar.

Hindari menggunakan terlalu banyak bedak. Bedak yang terhirup dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Hindari membedaki bayi sampai setidaknya berusia 4-6 bulan.
 

6. Benjolan putih


Bintik-bintik putih kecil yang terlihat di hidung disebabkan oleh serpihan kulit yang menghambat kelenjar minyak. Ini biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa hari.
 

7. Infeksi jamur


Bayi bahkan bisa menderita infeksi jamur. Infeksi ini menyerang lidah dan di mulut. Cirinya, lidah dan mulut tampak berselimut warna putih. Segera ke dokter anak untuk meminta resep obat.
(FIR)