FITNESS & HEALTH

Kedipan Mata Sebelah, Tanda Seseorang Menggoda?

Kumara Anggita
Rabu 24 Februari 2021 / 18:40
Jakarta: Melihat artis atau orang yang dikagumi mengedipkan mata sebelah atau wink bisa membuat beberapa orang jadi ‘meleleh’.

Bukan karena muka jadi lebih ganteng atau cantik, ternyata, ada alasan psikologis mengapa gerakan kedipan sebelah mata ini membuat orang jadi tampak lebih menarik. 

Kedipan bisa mengisyaratkan kemungkinan sesuatu bisa terjadi antara kamu dan seseorang. Laura Richer, MA, LMHCA, NCMHCE, CHT, terapis pasangan bersertifikat mengatakan kepada Bustle bahwa mengedipkan mata sebelah memang ada hubungannya dengan fakta, bahwa manusia telah menetapkan ini sebagai teknik menggoda atau teknik yang menyiratkan ketertarikan.

"Pikiran-pikiran berikutnya setelah mengedipkan mata dapat menyebabkan respons euforia yang dihasilkan secara hormonal. Jika ditawarkan oleh seseorang yang menarik, itu dapat mendorong pikiran kamu untuk memikirkan segala macam kemungkinan,” ujarnya.

Pikiran yang muncul seperti apakah kamu mau terhubung? Mau berkencan? Mau jatuh cinta? Semua pikiran berputar.

Inilah sebabnya mengapa tak semua kedipan mata memberikan efek yang positif. Orang yang mengedip profilnya harus sudah sesuai dulu dengan ide kamu tentang “menarik” untuk membuatnya jadi bergairah.

“Itu juga harus dilakukan di tempat yang benar," kata Richer. "Kedipan mata yang tidak tepat waktu akan selalu tampak menyeramkan,” ungkap Richer. 
 

Kedipan bisa menandakan koneksi seksual


Alasan lain mengedipkan mata itu seksi adalah kontak mata. Ini dapat memperkuat koneksi. "Alasan mengapa mengedipkan mata bisa jadi sangat seksi adalah gagasan bahwa kamu memiliki rahasia bersama," kata Dr Claudia Luiz, seorang psikoanalis, kepada Bustle. 

"Sesuatu di antara kalian yang tidak diketahui orang lain, tetapi tidak memiliki bahasa, seperti seks misalnya,” ungkapnya.
 

Kedipan bisa menandakan kamu spesial


Di dalam kerumunan, orang-orang juga melakukan ini untuk menarik perhatian. Biasanya kedipan mata diisi dengan energi seksual serta keinginan. Jika kamu mengedipkan mata, itu seperti mengambil langkah pertama menuju sesuatu yang lebih.

"Implikasinya adalah bahwa kamu istimewa, dan kamu diizinkan masuk ke 'rumah pribadi'," kata Luiz. "Kamulah yang spesial, bukan orang lain. Saat seseorang mengedipkan mata kepadamu, kamu 'masuk’,” begitu katanya.

(TIN)