FITNESS & HEALTH

Cara Mencuci Tangan yang Benar Sampai Bersih

Raka Lestari
Sabtu 10 Oktober 2020 / 17:01
Jakarta: Mencuci tangan memang membutuhkan waktu kurang dari 1 menit, tetapi hampir sebagian besar orang masih salah dalam melakukannya. Hal ini tentunya merupakan masalah besar, mengingat menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) salah satu cara efektif untuk melindungi tubuh dari covid-19 adalah dengan mencuci tangan secara rutin.

Cara mencuci tangan 

Mencuci tangan dengan benar bukanlah sesuatu yang sulit, tetapi mungkin diperlukan beberapa langkah dari yang selama ini Kamu lakukan. Berikut ini adalah 5 langkah cara mencuci tangan yang tepat menurut CDC:

Pertama, basahkan tangan Kamu dengan air mengalir. Matikan keran air ketika Kamu sudah selesai membasahi tangan dengan air.

Aplikasikan sabun cuci tangan dan gosok sabun di sela-sela jari sampai timbul busa dan sabun terkena ke seluruh tangan. Gosokkan busa ke punggung tangan dan sisi-sisi tangan, serta di sela-sela jari tangan terutama di bawa kuku.

Lanjutkan menggosok busa pada tangan dan gosok tangan dengan busa setidaknya selama 20 detik. Jangan cuci tangan sebelum Kamu menggosoknya selama 20 detik.

Bersihkan busa dengan air sampai benar-benar bersih. Dan yang terakhir, dan tidak kalah penting adalah keringkan tangan yang sudah dicuci tersebut baik menggunakan pengering udara atau handuk atau lap bersih.

Mengapa harus mencuci tangan selama 20 detik

“Direkomendasikan untuk mencuci tangan selama 20 detik atau panjangnya sama seperti Kita sedang bernyanyi Selamat Ulang Tahun dua kali putaran,” ujar Dr Sarah Borwein, MD.

 “Dua puluh detik terbukti jumlah minimum untuk benar-benar bisa menghilangkan kotoran secara keseluruhan,” ucapnya.

Jika Kamu tidak mencuci tangan sesuai waktu tersebut, atau bahkan tidak menggunakan sabun maka itu akan menjadi boomerang bagi diri sendiri. “Kemungkinan Kamu tidak akan menghilangkan semua bakteri dan kuman penyebab penyakit secara efektif dan membiarkan mereka tetap berada di tangan,” tutup Borwein.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(YDH)