FITNESS & HEALTH

Eriksen Kemungkinan Alami Serangan Jantung, Ini Tandanya

Kumara Anggita
Minggu 13 Juni 2021 / 12:00
Jakarta: Christian Eriksen, seorang pemain bola dari Timnas Denmark mendadak terjatuh ketika saat bermain di EURO 2020 menghadapi Finlandia Minggu ini. Dara gejala yang ditunjukkan, Eriksen mungkin mengalami serangan jantung atau henti jantung.

Serangan jantung tersebut bisa terjadi ketika seseorang memiliki penyakit jantung koroner. Dikutip dari Siloam Hospitals penyakit jantung koroner (PJK) merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner (pembuluh yang berfungsi untuk memberi suplai darah ke otot jantung). 

Hal ini membuat suplai darah menuju otot jantung akan berkurang atau yang paling parah, bisa berhenti. Jika sumbatan yang terjadi tidak diatasi sesegera mungkin, maka akan semakin banyak otot jantung yang mengalami kerusakan.

Ini menyebabkan jantung tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan penanganan cepat dan tepat. 

Menurut dr. Nancy Virginia, Sp.JP, Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah penyakit jantung koroner memiliki gejala yang khas. Hal-hal yang perlu diwaspadai antara lain:


jantung
(Salah satu gejala umum penyakit jantung adalah rasa dada nyeri atau terasa seperti tertindih. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

1. Nyeri dada atau dada seperti tertindih 


Nyeri dada menjadi salah satu gejala yang paling umum terjadi pada penyakit jantung. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan darah kaya oksigen ke otot jantung sehingga dada terasa berat atau seperti tertindih. 

Rasa nyeri pada dada biasanya terjadi dan sangat terasa ketika kamu sedang melakukan aktivitas, misalnya saat berolahraga atau saat kamu sedang mengalami stres emosional. 
 

2. Sesak napas


Jantung yang tidak berfungsi dengan baik, yakni memompa darah menuju paru-paru yang mengakibatkan kamu sulit bernapas. Tidak hanya itu, banyaknya cairan yang terdapat pada paru-paru akan membuat kondisi ini semakin parah, terlebih bila terjadi bersamaan dengan nyeri dada. 
 

3. Rasa mudah lelah


Mudah lelah merupakan efek yang ditimbulkan dari fungsi jantung yang tidak normal. Biasanya mudah lelah disertai dengan pusing terjadi akibat sirkulasi darah yang terganggu. 
 

4. Keringat dingin, mual, dan muntah


Saat pembuluh darah menyempit, secara tidak langsung otot-otot pada jantung akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan iskemia. Iskemia sendiri merupakan kondisi yang memicu terjadinya keringat secara berlebih serta mual dan muntah. 

(TIN)