FITNESS & HEALTH

Masker Medis dan Masker Kain, Begini Cara Efektif Menggunakan Keduanya

Kumara Anggita
Kamis 01 Juli 2021 / 20:06
Jakarta: Saat ini, covid-19 di Indonesia semakin merajalela. Untuk melindungi diri, kamu perlu untuk melakukan langkah proteksi ekstra seperti menggunakan dua masker.

Pastikan yang kamu gunakan adalah masker medis dan masker kain ya. Sebab kombinasi lain tidak akan memberikan perlindungan yang dibutuhkan, justru membuatmu merasa tidak nyaman.

Menurut CDC, cara menggunakan masker dobel adalah dengan mengombinasikan masker bedah di dalam dan masker kain di luar. Kamu juga bisa membuatnya lebih aman dengan menerapkan simpul tali masker.

Ikat bagian tali masker. Usahakan ikatannya mendekati ujung terdekat masker. Selipkan kedua ujung masker ke arah dalam untuk meminimalkan rongga masker. Pastikan tidak ada rongga masker ketika pemakaian.

Menurut CDC, masker medis melindungi 56 persen, masker medis dengan simpul melindungi hingga 77 persen, masker kain melindungi 51 persen, dan kombinasi masker medis dan masker kain mencapai 85 persen. Jadi dapat dilihat, masker dobel ini sangat bermanfaat sekali di tengah lonjakan kasus yang terus tinggi di Indonesia.

Selain itu, kamu juga tidak boleh menggabungkan masker N95 dengan masker kain. Prof. Tjandra Yoga Aditama, Dir. Penyakit Menular WHO Searo 2018-2020 sempat mengungkapkan bahwa masker N95 saja sudah cukup tinggi meproteksi kamu dari virus.

"Yang penting adalah kamu menggunakan masker-masker tesebut dengan benar. Jangan lupa cuci tangan sebelum pakai masker dan setelah lepas masker dan jangan lupa jangan dipegang-pegang,” jelas Prof. Tjandra.

“Kalau sudah dipasang, harus rapat di batang hidung di pipi kiri dan kanan dan di dagu. Tiga ini perlu dijaga agar berfungsi secara optimal,” tutupnya.
(FIR)