FITNESS & HEALTH

5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pasien Diabetes

Raka Lestari
Jumat 05 November 2021 / 19:08
Jakarta: Bagi pasien diabetes, mengelola penyakitnya itu menjadi hal yang penting dilakukan. Hal ini karena diabetes yang tidak terkontrol justru bisa memperburuk penyakit tersebut. Mulai dari mengatur pola makan, obat-obatan yang dikonsumsi, sampai rutin mengecek ke dokter menjadi beberapa cara untuk mengelola diabetes.

Akan tetapi, masih banyak pasien diabetes yang sering melakukan kesalahan dalam mengelola penyakitnya tersebut. Dikutip dari The Diabetes Council, berikut adalah kesalahan umum dalam mengelola diabetes:
 

1. Tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali


Diketahui bahwa bahwa asupan karbohidrat harus sangat dikurangi karena karbohidrat diubah menjadi gula oleh tubuh. Namun diet yang terlalu rendah karbohidrat akan menyebabkan nutrisi bermanfaat hilang.

Ada 'karbohidrat baik' di luar sana dan penderita diabetes perlu tahu mana yang harus dimakan lebih banyak dan mana yang harus dikurangi. Ini semua tentang kontrol porsi dan moderasi. Pilihlah karbohidrat dengan kandungan indeks glikemik yang rendah.
 

2. Melewati waktu makan


Melewatkan waktu makan berisiko bagi siapa saja, entah itu bagi penderita diabetes atau bukan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kombinasi peningkatan kortisol akibat stres karena tidak makan dan glikogen sebenarnya dapat meningkatkan gula darah. Tingkat kortisol yang tinggi (steroid yang digunakan tubuh kita untuk melawan stres) juga dapat menyebabkan resistensi insulin.
 

3. Tidak menggabungkan karbohidrat dengan protein


Karbohidrat apa pun dengan sendirinya berpotensi meningkatkan gula darah tubuh. Karbohidrat akan cepat terbakar dan berubah menjadi gula lebih cepat jika dimakan sendiri. Protein membantu melapisi karbohidrat dan memperlambat pembakaran dan menjaga lonjakan gula darah sehingga lebih stabil.
 

4. Berpikir bahwa obat bisa menyembuhkan semuanya


Kesalahan umum lainnya dalam manajemen diabetes adalah berpikir obat diabetes 'memperbaiki' diabetes. Obat-obatan tidak dapat menyembuhkan diabetes. Ini hanya sebagian kecil dari langkah untuk manajemen diabetes.
 

5. Tidak melakukan olahraga yang cukup


Olahraga membantu menurunkan kadar gula darah dan dapat membuatmu merasa lebih baik. Ini juga baik untuk sirkulasi darah karena pembuluh darah akan berdetak karena peningkatan gula darah. Jadwalkan waktu mingguan untuk berolahraga.

Pastikan untuk memeriksa gula darah sebelum dan sesudah berolahraga dan makan makanan ringan untuk mencegah gula darah turun terlalu rendah.
(FIR)