FITNESS & HEALTH

Mata Lelah Menatap Komputer, Ini Cara Mengatasinya

Kumara Anggita
Rabu 23 Juni 2021 / 18:10
Jakarta: Pada masa pandemi ini, banyak dari kita menghabiskan waktu menatap layar untuk bekerja, belajar, atau berinteraksi dengan orang-orang. Kebiasaan ini tentunya tidak baik untuk kesehatan matamu.

Kebiasaan menatap layar dalam waktu yang lama bisa menyebabkan mata lelah (Asthenopia). Menurut dokter mata, Tri Rahayu, asthenopia ini bisa membuat matamu terasa tak nyaman sehingga produktivitasmu pun juga ikutan menurun.

“Asthenopia atau mata lelah menyebabkan daya tahan terhadap pekerjaannya jadi berkurang, artinya kalau lelah produktivitas menurun,” Ahli Bedah dan Reaktif Mata dari RSCM Kirana, Dokter Tri Rahayu di Jakarta.

Untuk itu, dr. Tri merekomendasikan beberapa hal untuk mengatasinya antara lain:


- Kelainan refraksi perlu dikoreksi dengan power dan model kacamata yang tepat.

- Istirahat berkala saat menggunakan komputer (“20-20-20 rule”).

- Tempatkan sumber cahaya jauh dari layar komputer.

- Berikan tirai pada jendela atau memberikan filter anti-silau (anti-glare-filters) pada layar komputer.
 

Cara agar pakai komputer terasa nyaman

1. Posisi monitor


Posisi monitor komputer ditempatkan sedemikian rupa, sehingga pekerja mencapai posisi ergonomis yang baik. Disarankan jarak layar dengan mata minimal 50 cm, dengan letak bagian tengah layar 10-20 derajat (atau 5-6 inci) di bawah garis pandang mata.
 

2. Setting monitor manual


Setting layar komputermu secara manual untuk kenyamanan.
 

3.  Postur tubuh


Postur tubuh baik untuk menghindari nyeri otot leher, punggung, bahu, dan kepala.
 

4. Artificial tears


Bila mata terasa iritasi, kemungkinan terdapat mata kering (dry eyes syndrome), maka dapat dilakukan lubrikasi mata obat tetes air mata buatan (artificial tears).

Terapkanlah cara ini saat menggunakan komputer, agar matamu dari sekarang tidak mudah lelah. Mata dalam keadaan optimal bisa menjadi salah satu faktor pendorong produktivitas kerjamu.
(FIR)