FITNESS & HEALTH

Prof. Amin Soebandrio: Masyarakat Punya Peran Penting dalam Mengakhiri Pandemi

Raka Lestari
Kamis 28 Januari 2021 / 17:43
Jakarta: Kasus covid-19 masih terus terjadi di Indonesia, bahkan belum lama ini kasus konfirmasi positif covid-19 di Indonesia sudah menyentuh angka lebih dari 1 juta. Pandemi covid-19 yang sudah terjadi hampir satu tahun lamanya ini tentu membuat orang bertanya-tanya, kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir?  

“Jadi sebetulnya kalau ditanya, kapan pandemi ini akan selesai? Jawabannya adalah kapan kita bisa disiplin. Siapa saja yang harus disiplin? Seluruh lapisan masyarakat karena keberhasilan pandemi ada di tangan masyarakat,” ujar Prof. Amin Soebandrio, Ketua Lembaga Eijkman dalam acara Media Group News Summit: Indonesia 2021 - Solusi Maju Bersama dengan tema "Public Health: Vaccine What to Expect"? secara daring pada Rabu, 27 Januari 2021. 

Menurut Prof. Amin, tenaga kesehatan hanyalah salah satu komponen yang menentukan dalam keberhasilan penanganan pandemi.

“Masyarakat tetap yang paling menentukan. Bahwa masih ada sekitar 30 persen masyarakat yang menganggap bahwa covid-19 itu tidak ada. Dan itu jumlah yang banyak,” ujarnya.

“30 persen dari 260 juta itu kan lebih dari 50 juta. Itu berarti kan ada banyak. Survei juga menyebutkan bahwa masyarakat yang menolak vaksinasi ada sekitar 30 persen. Untuk itu, kita harus bangun trust agara masyarakat bisa percaya. Jangan sampai mengancam,” tutur Prof. Amin.

Ia menambahkan, “Misalnya, dengan memberikan pemahaman bahwa covid-19 ini ada. Kita juga harus kasih tahu ke masyarakat bahwa upaya-upaya yang selama ini disarankan itu juga harus dilakukan seperti misalnya 3M. Dan memastikan juga bahwa vaksin itu tidak bisa menggantikan protokol kesehatan yang harus dilakukan seperti melakukan 3M,” papar Prof. Amin.

“Vaksin itu sebagai komplemen. Dengan adanya vaksin, bukan berarti pandemi akan hilang. Cacar saja butuh waktu 200 tahun untuk bisa berhasil dimusnahkan. Mudah-mudahan covid-19 ini tidak harus sampai 200 tahun karena sekarang kan sudah lebih canggih teknologinya, tetapi tetap saja vaksin tidak langsung menghentikan pandemi covid-19,” tegas Prof. Amin.

Menurut Prof. Amin, peran masyarakat pada masa pandemi covid-19 ini tetap merupakan hal yang paling penting. “Dan satu hal lagi tentang vaksin, ini bukan lagi menjadi masalah pribadi atau perorangan. Dengan vaksin, kita bisa ikut membantu memotong rantai penularan covid-19,” tutupnya.
(TIN)