FITNESS & HEALTH

Jangan Mengonsumsi Ini karena Membuat Saluran Pencernaan tak Lancar

Kumara Anggita
Senin 29 Maret 2021 / 07:12
Jakarta: Pencernaan yang sehat akan membuatmu merasa lebih bahagia. Untuk itu, kamu perlu menjaga bakteri baik di sana agar tetap seimbang.

Untuk membuatnya sehat, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan. Mengutip dari Health, kamu bisa mengonsumsi pisang, yogurt, kimchi, serat utuh, jahe. Dan. tentunya kamu juga perlu menghindari beberapa makanan yang menghambat pencernaan.

Beberapa makanan yang membuat saluran pencernaan bekerja tidak lancar antara lain:
 

1. Makanan tinggi lemak dan makanan yang digoreng


Makanan tinggi lemak dan gorengan bisa membuat perut kewalahan. Jika kerap mengonsumsinya dengan berlebihan maka akan menimbulkan masalah pada asam lambung dan mulas.

"Tubuh hanya dapat menangani begitu banyak pada satu waktu (tidak sering),” ungkap Jessica Anderson, RD, seorang pendidik diabetes di Texas A&M Health Science Center Coastal Bend Health Education Center, di Corpus Christi kepada Health.

Makanan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan feses berwarna pucat,-sebuah fenomena yang disebut steatorrhea, yang pada dasarnya adalah lemak berlebih di feses. Menurut Jessica, banyak orang dengan sindrom iritasi usus besar perlu menjauhi makanan tinggi lemak. Termasuk mentega dan krim yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.
 

2. Makanan pedas


"Makanan-makanan pedas bisa mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan sakit mag. Ini bisa menjadi masalah khusus bagi orang dengan sindrom iritasi usus besar atau mereka yang sudah menderita sakit maag kronis,” papar Tim McCashland, MD, ahli gastroenterologi di University of Nebraska Medical Center kepada Health.
 

3. Teh, kopi, dan minuman soda


“Kopi, teh, dan minuman berkarbonasi tidak hanya membuat sfingter esofagus terlalu rileks, yang membuat asam lambung terbatas pada lambung, tetapi juga dapat bertindak sebagai diuretik, yang dapat menyebabkan diare dan kram,” kata Jessica.

Minuman berkafein bisa menjadi masalah khusus, terutama bagi penderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Menurut Anderson, jika kamu menderita GERD atau mulas, kamu harus menghindari teh mint.
(FIR)