FITNESS & HEALTH

4 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan

Raka Lestari
Senin 19 April 2021 / 07:00
Jakarta: Oatmeal adalah bubur berbahan dasar biji-bijian yang merupakan pilihan sarapan populer berkat berbagai manfaat kesehatannya. Selain itu, hampir semua orang bisa memakannya karena oatmeal bebas gluten, bebas susu, dan vegan.

Dan berikut ini adalah manfaat dari mengonsumsi oatmeal bagi kesehatan tubuh dilansir dari Insider:
 

1. Penuh akan nutrisi bagi tubuh


Oatmeal mengandung banyak vitamin, mineral, dan karbohidrat kompleks. Tidak seperti karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks mengandung lebih banyak pati dan serat dibandingkan gula. 

Ini berarti tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk memecah karbohidrat kompleks, membuat tubuh tetap berenergi untuk jangka waktu yang lebih lama.

“Selain itu, karbohidrat kompleks menawarkan nutrisi penting, jadi penting untuk tidak takut pada mereka, terutama makanan utuh seperti gandum," kata Abby Langer, ahli diet terdaftar dan pemilik Abby Langer Nutrition.
 

2. Menjaga kadar kolesterol


Kolesterol Tinggi dapat membuat seseorang berisiko mengalami kondisi kesehatan yang serius seperti serangan jantung atau stroke.Makan gandum dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol berkat jenis serat larut yang disebut beta-glukan.

Mengonsumsi 3 gram beta-glukan setiap hari, atau sekitar satu cangkir oatmeal matang, telah terbukti mengurangi kolesterol LDL yang juga dikenal sebagai jenis kolesterol jahat pada orang dengan kadar kolesterol normal dan kadar kolesterol tinggi.
 

3. Menjaga gula darah


Oatmeal kaya akan serat, yang berarti tubuh mencernanya lebih lambat. Hal ini, pada gilirannya, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah lonjakan atau kerusakan yang dapat membuat tubuh merasa lelah, mengganggu mood dan cepat lapar.

Selain itu, jika secara konsisten mengonsumsi karbohidrat sederhana yang meningkatkan dan menurunkan kadar gula darah, hal itu dapat mengganggu kesehatan kamu dan dapat menyebabkan diabetes, penambahan berat badan, dan penyakit jantung untuk jangka panjang.
 

4. Membantu menurunkan berat badan


Kandungan serat tinggi pada oatmeal juga dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, yang dapat membantu penurunan berat badan

"Ini dapat membantu mencegah sering ngemil, memungkinkanmu menjalani hari tanpa memikirkan makanan dan terlalu sering merasa lapar," kata Colleen Christensen, seorang ahli diet terdaftar dan ahli gizi.
(TIN)