FITNESS & HEALTH

5 Tips Aman Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Kumara Anggita
Kamis 15 April 2021 / 15:14
Jakarta: Puasa adalah kewajiban umat islam yang juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Misalnya, bisa meningkatkan kontrol gula darah, bagus untuk kesehatan jantung, atau bahkan bisa mengontrol berat badan.

Kendati demikian, bagi kamu yang sudah terkena diabetes perlu hati-hati melakukannya. Berpuasa justru bisa membawa kamu dalam bahaya, bila dilakukan tanpa arahan dari profesional.

Mengutip dari Virta Health, ada 5 tips aman berpuasa yang bisa diterapkan penderita diabetes antara lain:
 

1. Beri tahu dokter bahwa kamu berencana berpuasa


Pastikan dokter kamu mengetahui rencanamu untuk berpuasa. Puasa memengaruhi gula darah dan tekanan darah.

Jadi jika kamu sedang menjalani pengobatan diabetes atau tekanan darah tinggi, dokter kamu mungkin perlu melakukan penyesuaian selama Ramadan. Penyesuaian ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter kamu bukan kamu sendiri.
 

2. Tetap terhidrasi


Pastikan kamu minum cukup cairan selama sahur dan buka puasa. Jika cuaca hangat selama bulan Ramadan, cobalah untuk tetap berada di tempat yang sejuk dan batasi aktivitas fisikmu untuk meminimalkan jumlah cairan yang hilang sepanjang hari.
 

3. Tes glukosa darahmu saat berpuasa


Hal paling berbahaya yang bisa terjadi pada kamu saat berpuasa adalah gula darah rendah (kejadian hipoglikemik), gula darah tinggi (kejadian hiperglikemik) dan dehidrasi. Pastikan kamu mencari tanda-tanda ini, yang dapat mencakup penglihatan kabur, detak jantung tidak teratur, pusing atau pingsan, dan kebingungan.
 

4. Diskusikan asupan dengan dokter


Untuk menghindari perubahan gula darah, dokter mungkin akan menyarankanmu untuk tetap mengonsumsi makanan yang lebih tinggi lemak dan rendah karbohidrat saat kamu makan, baik itu saat sahur maupun berbuka puasa.

Makanan berlemak tinggi akan membuatmu kenyang lebih lama dan tidak akan meningkatkan gula darah. Namun, pastikan untuk mendiskusikan hal ini (atau perubahan pola makan lainnya) dengan dokter karena jika kamu sedang menjalani pengobatan apa pun, ini dapat memengaruhi dosismu.
 

5. Waspadai makan berlebihan


Buka puasa bisa menjadi waktu yang melibatkan banyak teman dan keluarga dan banyak makanan. Ketahuilah bahwa makan berlebihan, bahkan setelah puasa seharian, dapat menyebabkan lonjakan glukosa darah.

Pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang rencana untuk berpuasa. Jangan lupa tanyakan bagaimana hal ini dapat memengaruhi obat apa pun yang kamu gunakan!
(FIR)