FITNESS & HEALTH

Apa Beda Psikolog dan Psikiater?

Kumara Anggita
Sabtu 10 Oktober 2020 / 14:12
Jakarta: Bila kamu memiliki permasalahan terkait kesehatan mental, biasanya kamu dianjurkan untuk pergi ke psikolog atau psikiater. Kira-kira apa sih perbedaan dari psikolog dan psikiater?

Dikutip dari Ibunda.id, psikolog dan psikiater adalah dua profesi yang sama-sama menangani permasalahan seputar kesehatan mental. Namun, masalah yang ditangani dua profesi ini secara spesifik berbeda. 

Konsultasi ke psikolog

Kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog apabila keluhanmu seputar masalah diri, gangguan mental ringan, hubungan interpersonal atau hubungan dengan orang lain. Misalnya masalah dalam pekerjaan, keluarga, hubungan romantis, dan lainnya. Biasanya, seorang psikolog akan menangani masalah-masalah tersebut dengan menggunakan metode konseling atau psikoterapi. 

Dalam penanganan kliennya, psikolog tidak bisa  kasih kamu obat. Jadi yang bisa kamu harapkan di sini hanyalah terapi atau konseling saja ya.

Konsultasi ke psikiater

Kamu bisa memilih berkonsultasi pada psikiater apabila keluhanmu berada di tahap yang lebih serius sehingga memerlukan obat untuk mengatasinya. Berbeda dengan psikolog yang melakukan penanganan secara psikologis, psikiater bisa memberikan penanganan medis bagi pasien yang membutuhkan obat, seperti Bipolar, Skizofrenia, Depresi, dan gangguan mental lainnya. 

Psikiater fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan sebab-akibat fisiologis atau neurologis dari gangguan kejiwaan sebab tidak semua masalah emosi dapat diselesaikan melalui terapi. Misalnya depresi yang berasal dari ketidakseimbangan kimiawi dalam tubuh perlu ditangani dengan pengobatan. 
(YDH)