FITNESS & HEALTH

Kebiasan Makan Berbahaya yang Sebaiknya Dihindari

Raka Lestari
Sabtu 10 Oktober 2020 / 07:05
Jakarta: Makanan merupakan salah satu komponen penting untuk kesehatan. Untuk itu, perlu sekali memiliki kebiasan makanan yang sehat. Akan tetapi, banyak orang yang masih saja melakukan kebiasaan-kebiasaan saat makan yang berbahaya dan pada akhirnya dapat merugikan diri sendiri.

Apa saja kebiasaan-kebiasaan saat makan tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya:

Olahraga berlebihan sebagai “balas dendam” setelah makan 

Berolahraga harus dirasakan secara damai dan bukan sebagai hukuman. “Ketika kita menganggap olahraga sebagai hukuman, itu akan menjadi kontraproduktif dan memicu respon stres di tubuh,” ujar Lindsay Brancato, seorang psikolog dan psikoanalis dalam bidang psikologi makanan, seperti dilansir cnet

Brancato mengatakan, kita harus memiliki mindset bahwa olahraga bukanlah sebagai hukuman, karena kita sudah makan.

Menghindari aktivitas sosial karena cemas terhadap makanannya

“Menghindari aktivitas sosial seperti acara makan malam, pesta ulang tahun, atau kumpul keluarga atau bahkan kumpul bersama rekan kerja karena ketakutan terhadap makanan mengindikasikan adanya masalah,” ujar Brooke Glazer, konsultan nutrisi untuk RSP Nutrition.

“Hilangkan aturan ketat terhadap makanan dan pilihlah untuk tetap bisa berpartisipasi dengan memilih makanan yang disajikan dan yang baik untuk tubuh,” ujarnya.

Merasa sangat bersalah setiap habis makan terutama makanan tidak sehat

“Merasa bersalah ketika sedang makan atau setelah makan adalah contoh bahwa makanan sudah mengontrol kamu, bukannya kamu yang memiliki kontrol terhadap pilihan makanan,” ujar Maureen St. Germain, terapis nutrisi di Educated Wellness. “Tidak perlu merasa seperti itu dan cobalah untuk bisa lebih menikmati makanan yang kita konsumsi.”

Menghentikan asupan makanan tanpa alasan kesehatan

Terkadang memang karena alasan makanan, seseorang harus menghindari asupan dari jenis makanan tertentu. Akan tetapi saat ini banyak orang yang melakukannya tanpa ada alasan tertentu. Jika Anda menghentikan asupan makanan tertentu karena dianggap “buruk” maka itu berarti mengindikasikan adanya masalah.

Selalu mengikuti berbagi macam jenis diet terbaru

“Seringkali berbagai macam diet menjanjikan sesuatu yang tidak dapat dibuktikan, selain membuat kita menjadi terlalu pemilih dalam makanan,” ujar Alex Turnbull, seorang ahli diet terdaftar.

“Biarkan tubuh kita menikmati makanan yang disukai dan tidak perlu membuatnya menjadi sulit,” saran Turnbull.
(YDH)