FITNESS & HEALTH

Putri Nurul Arifin Meninggal Karena Serangan Jantung, Kenali Gejala Umumnya

Cindy
Selasa 25 Januari 2022 / 13:42
Jakarta: Putri sulung Nurul Arifin, Maura Magnalia Widyaratri meninggal dunia, Selasa, 25 Januari 2022. Maura diketahui meninggal akibat serangan jantung. 

Maura ditemukan asisten rumah tangga pada pukul 04.30 WIB. Maura disebut tutup usia sekitar pukul 02.00 WIB dini hari di meja makan rumahnya. 

"Kami sudah tidur, pas masuk kamar, terus pagi-pagi jam 04.30 WIB lah, pembantu yang menemukan dia," ucap Nurul Arifin. 

Pengertian serangan jantung

Dilansir dari Alodokter, serangan jantung terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke otot jantung. Kondisi ini akan menganggu fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Gangguan aliran darah ke jantung bisa merusak, bahkan menghancurkan otot jantung dan berakibat fatal. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami serangan jantung harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan tepat. 

Baca: Putri Nurul Arifin Meninggal Dunia Akibat Penyakit Jantung

Gejala serangan jantung

Berikut beberapa gejala yang umumnya terjadi saat serangan jantung dikutip dari halodoc:

1. Rasa tidak nyaman dada

Rasa tidak nyaman di bagian dada dapat menandakan Anda mengidap penyakit jantung. Kebanyakan serangan jantung menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian tengah atau kiri dada. Kondisi ini akan berlangsung selama beberapa menit dan kemudian menghilang. Rasa tidak nyaman, meliputi tekanan, tertekan, atau rasa nyeri. 

2. Nyeri bagian tubuh tertentu

Rasa tidak nyaman juga mungkin muncul di beberapa bagian tubuh. Seperti rahang, leher, hingga ke bagian punggung. Rasa tidak nyaman juga bisa muncul di satu atau kedua lengan maupun bahu. 

Baca: Profil Maura Magnalia, Putri Nurul Arifin yang Meninggal di Meja Makan

3. Kelelahan

Gejala umum serangan jantung yakni kelelahan, pusing, dan juga pingsan. Sebelum gejala ini terjadi, biasanya pengidap serangan jantung akan mengalami keringat dingin.

4. Sesak napas

Gejala sesak napas menjadi gejala lain yang menyertai ketiga gejala sebelumnya. Namun, gejala ini juga bisa terjadi sebelum muncul rasa tidak nyaman di dada, nyeri tubuh, maupun kelelahan. 

Cara mencegah serangan jantung

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan jantung, yakni:
1. Mengubah gaya hidup sehat agar terhindar dari diabetes dan hipertensi
2. Memilih makanan yang sehat
3. Menghentikan kebiasaan merokok
4. Menjaga tekanan darah. 

Baca: Serangan Jantung, Putri Nurul Arifin Ditemukan Tak Bernyawa di Meja Makan
(CIN)