FITNESS & HEALTH

Gejala Baru Covid-19 untuk Kamu Waspadai

Raka Lestari
Kamis 25 Februari 2021 / 13:38
Jakarta: Covid-19 memiliki gejala yang sangat beragam, mulai dari komplikasi medis ringan hingga parah. Dan gejala-gejala tersebut terus meningkat dan bertambah jumlahnya. Berdasarkan laporan terbaru, ada tiga gejala baru yang bisa menjadi indikator awal covid-19.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Spain’s Hospital Universitario La Paz di Madrid, tanda peringatan dari covid-19 bisa terdeteksi pada lidah, tangan, dan kaki pasien.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 666 pasien positif covid-19 di rumah sakit IFEMA Madrid menemukan bahwa satu dari empat pasien mengeluhkan lidah bengkak, sensasi terbakar di telapak tangan dan kemerahan di telapak kaki.
 

Lidah bengkak


Pasien covid-19 yang dievaluasi dalam penelitian tersebut melaporkan infeksi serius di dalam mulut, yang menyebabkan pembentukan bercak putih dan peradangan. 

Kondisi langka ini disebut "lidah covid" oleh banyak ilmuwan dan profesional medis dan dikaitkan dengan hilangnya indra perasa - gejala umum lain dari covid-19.
 

Sensasi terbakar dan kemerahan di telapak tangan dan telapak kaki


Selain lidah yang bengkak, sekitar 15 persen pasien mengeluhkan sensasi terbakar dan kemerahan di telapak tangan dan telapak kaki, diikuti dengan munculnya bercak kecil di area yang sama.

Menurut Dr Almudena Nuno ? Gonzalez, peneliti utama penelitian, mengatakan dalam sebuah wawancara, “Hampir setengah dari pasien dengan gejala covid-19 ringan hingga sedang yang dirawat di rumah sakit lapangan selama periode dua minggu menunjukkan temuan mukokutan."

Selain itu, Nuno-Gonzalez menambahkan, rongga mulut juga menjadi perhatian banyak pasien dan perlu pemeriksaan khusus dari waktu ke waktu.
 

Gejala lain dari covid-19


Meskipun gejala baru saat ini bermunculan, gejala umum covid-19 yang sudah ada sebelumnya tidak boleh diabaikan. Beberapa gejala covid-19 yang paling klasik adalah demam, batuk kering, sakit tenggorokan, hidung berair dan tersumbat, nyeri dada dan sesak napas, dan kelelahan.
(TIN)