FITNESS & HEALTH

7 Makanan Kaya Biotin yang Perlu Dikonsumsi

Sandra Odilifia
Kamis 01 April 2021 / 09:30
Jakarta: Biotin adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar untuk mengubah makanan menjadi energi. Kamu perlu mengonsumsi vitamin ini dalam jumlah yang cukup setiap hari karena tubuh tidak menyimpannya. Semua kelebihan jumlah biotin yang ada di dalam tubuh akan dialirkan melalui urin.

Biotin atau vitamin B, sebelumnya dikenal sebagai vitamin H atau koenzim R. Vitamin ini dapat merangsang sel-sel baru, mempercepat pertumbuhan rambut dan kuku. Ini adalah vitamin B esensial yang mendukung fungsi mata, hati dan otak.

Vitamin B ini juga dibutuhkan tubuh untuk memetabolisme protein yang disebut keratin dan asam lemak. Selain itu, biotin dapat membantu dalam mengobati gejala depresi dan skizofrenia.

Meskipun tubuh hanya membutuhkan sekitar 30 mikrogram biotin per hari. Jika kebutuhan tubuh tidak terpenuhi, maka kamu mungkin mengalami beberapa efek samping seperti rambut rontok, kuku rapuh, ruam merah pada kulit dan mata, mata kering, kulit bersisik, kelelahan, insomnia dan kehilangan nafsu makan.

Maka itu, melansir Times of India, berikut beberapa sumber biotin yang bisa kamu konsumsi:

 

1. Kuning telur

Lebih dari bagian putihnya, kuning telur mengandung banyak nutrisi. Bagian kuning yang kebanyakan orang buang sebenarnya kaya akan biotin, protein, selenium, dan nutrisi lainnya. Satu telur yang dimasak menyediakan 10 mikrogram biotin, yang kira-kira 33 persen dari kebutuhan harian.

 

2. Kacang almond

Almond adalah makanan padat biotin. Kacang almond yang renyah dan gurih juga dikemas dengan nutrisi lain seperti protein, vitamin E, dan magnesium.

Segenggam almond mengandung 1,5 mikrogram biotin dalam 1/4 cangkir. Selain almond, biji bunga matahari juga mengandung biotin yang cukup banyak. 20 gram biji bunga matahari memiliki 2,6 mikrogram biotin.


(Segenggam almond mengandung 1,5 mikrogram biotin dalam 1/4 cangkir. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Kacang polong


Kacang polong kaya akan biotin, serat, protein, dan nutrisi penting lainnya. Dari semuanya, kacang tanah dan kedelai adalah dua sumber biotin terbaik. 28 gram kacang tanah mengandung sekitar 5 mikrogram biotin dan 100 gram kedelai utuh memiliki 19,3 mikrogram biotin.

 

4. Daging organ


Daging organ, terutama hati adalah sumber yang kaya akan biotin, seng, zat besi, protein, dan jenis vitamin lainnya. Sebanyak 75 gram hati daging yang dimasak memiliki hampir 31 mikrogram biotin. Sementara, sebanyak 75 gram hati ayam matang mengandung 138 mikrogram biotin.


(Sekitar 120 gram jamur memiliki 2,6 mikrogram biotin, yang merupakan 10 persen dari asupan harian. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Ubi jalar


Ubi jalar adalah sumber biotin terbaik. 125 gram ubi jalar dikemas dengan 2,4 mikrogram biotin. Mereka juga sarat dengan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan karotenoid, yang menjadikannya pilihan makanan yang sangat baik.

 

6. Jamur


Jamur kaya akan vitamin D dan kandungan biotin. Sekitar 120 gram jamur memiliki 2,6 mikrogram biotin, yang merupakan 10 persen dari asupan harian. Jamur juga merupakan sumber selenium, magnesium, dan antioksidan.

 

7. Pisang


Pisang mengandung serat, karbohidrat, dan mikronutrien seperti vitamin B, tembaga, dan kalium. Satu pisang menyediakan 0,2 mikrogram biotin. Karena kaya kalori, disarankan untuk tidak menambahkan terlalu banyak pisang ke dalam menu makanan.
(yyy)