FITNESS & HEALTH

Perbedaan Sakit Kepala Covid-19 dan Sakit Kepala Biasa

Raka Lestari
Kamis 14 Januari 2021 / 10:39
Jakarta: Sakit kepala dilaporkan menjadi gejala yang dialami oleh pasien terienfeksi, baik itu pada gejala awal atau gejala lanjutan. Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Ini juga bisa menjadi tanda infeksi parah jika berlangsung lama.

Dari peradangan yang disebabkan oleh replikasi virus dalam tubuh hingga timbulnya demam yang melemahkan, 

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Istanbul University, Turki tersebut menyurvei total 3.196 pasien yang tidak terinfeksi covid-19 dan 262 pasien lainnya yang terinfeksi positif covid-19. Semuanya mengeluh sakit kepala sebagai pertanda adanya masalah.

Dan untuk lebih dari 10 persen pasien, sakit kepala yang berlangsung lebih dari 72 jam bisa menjadi tanda covid-19. Ini karena sakit kepala sebagai gejala dari faktor penyebab lain sangat jarang berlangsung selama ini, atau biasanya tidak disadari karena bisa sembuh dengan sendirinya. 

Dilansir dari Times of India, salah satu cara untuk membedakan sakit kepala karena covid-19 dengan sakit kepala biasa adalah perkembangan gejala yang dialami. 

Meskipun sakit kepala biasa juga dapat mengganggu keseimbangan saluran pencernaan, pada kasus covid-19 sakit kepala dapat dianggap sebagai tanda peradangan saraf yang dapat mengganggu indra seseorang (menyebabkan hilangnya indra penciuman dan perasa) dan juga menyebabkan keluhan gastrointestinal seperti kram, mual, kelelahan, kelelahan dan kehilangan nafsu makan.

Meskipun tidak ada hubungan yang jelas antara keluhan gastrointestinal dan sakit kepala, para peneliti menemukan bahwa itu adalah komplikasi umum yang diderita oleh pasien covid-19. 

Selain itu, dalam kasus infeksi covid-19 para peneliti menemukan bahwa obat sakit kepala yang bisa ditemukan di apotek dan obat analgesik tidak dapat mengurangi rasa sakit kepala. Ini, pada gilirannya, bisa menjadi tanda peringatan infeksi covid-19, terutama jika kamu tidak mengalami gejala khas lainnya.
(TIN)