FITNESS & HEALTH

Manfaat Kayu Manis dalam Membakar Lemak di Tubuh

Raka Lestari
Rabu 07 April 2021 / 08:31
Jakarta: Lemak yang menumpuk di dalam tubuh, jika tidak dikelola dengan baik akan memberikan dampak negatif. Dan ternyata, apa yang kamu konsumsi memiliki peran penting dalam menghilangkan lemak dalam tubuh.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu hal tersebut, salah satunya adalah jenis rempah-rempahan seperti kayu manis.

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang bisa dengan mudah ditemui di dapur. Biasanya, kayu manis digunakan sebagai taburan di atas semangkuk oatmeal, dicampurkan dengan yogurt atau smoothie. Atau bisa juga menambahkannya ke dalam secangkir kopi atau teh hangat.

Dilansir dari Eat This, Not That! sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition menemukan bahwa suplementasi kayu manis secara signifikan memengaruhi ukuran obesitas. Studi tersebut dilakukan terhadap 786 subjek dewasa.


(Biasanya, kayu manis digunakan sebagai tambahan pada secangkir kopi atau teh hangat. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexel.com)


Mereka menunjukkan bahwa pemberian kayu manis secara signifikan menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan massa lemak pada subjek ketika diberikan selama 12 minggu. Dan tidak hanya itu, ada penelitian lain yang menunjukkan manfaat kayu manis.

Pada 2017, para peneliti di University of Michigan menemukan bahwa cinnamaldehyde, minyak esensial yang memberi rasa pada kayu manis, meningkatkan kesehatan metabolisme dengan bertindak langsung pada sel-sel lemak.

Pada dasarnya, sel lemak mulai membakar energi melalui proses yang disebut termogenesis. Dengan mengaktifkan thermogenesis, proses pembakaran lemak dimulai.


(Studi menemukan bahwa kayu manis mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Meskipun demikian, kayu manis tidak hanya bermanfaat untuk membakar lemak saja. Kayu manis sebenarnya juga dapat membantu meningkatkan aspek kesehatan lainnya.

Sebuah studi dari Journal of Food Science menemukan bahwa kayu manis bertindak sebagai prebiotik, yang mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of the Endocrine Society menemukan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita pradiabetes dan membantu memperlambat perkembangan pradiabetes menjadi diabetes tipe 2.

(yyy)