FITNESS & HEALTH

5 Jus Buah dan Sayur yang Bisa Diminum Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

Yuni Yuli Yanti
Jumat 06 Mei 2022 / 09:11
Jakarta: Minum jus buah dan sayuran yang baru dibuat adalah cara yang bagus untuk mendapatkan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang penting bagi tubuh. Nutrisi dalam minuman ini dapat meningkatkan metabolisme, serta membantu tubuhmu membakar lebih banyak kalori.

Namun, kamu harus berhati-hati dengan jenis jus yang dikonsumsi karena beberapa di antaranya mungkin mengandung banyak gula dan rendah serat. Terutama, untuk jus kemasan karena selain dapat meningkatkan asupan kalori minuman tersebut juga bisa menjadi kontraproduktif.

Roopshree Jaiswal, seorang Konsultan dan Ahli Diet/Ahli Gizi, Rumah Sakit Ibu, Mekanik Nagar, Indore, menyebutkan ada lima jenis jus buatan sendiri yang bisa kamu konsumsi tanpa khawatir dengan penambahan berat badan, di antaranya:

 

1. Jus wortel

Kamu pasti pernah mendengar bahwa wortel baik untuk penglihatan, tetapi bukan itu saja manfaatnya. Wortel sangat rendah kalori dan tinggi kandungan serat. Segelas penuh jus wortel dapat membuatmu kenyang sampai makan dengan demikian tentu membantumu untuk menghindari camilan yang tidak diinginkan di antara waktu makan.

“Saat Anda mengonsumsi jus wortel, sekresi empedu meningkat yang membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan,” kata Jaiswal.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Jus mentimun

Mentimun tidak hanya enak dijadikan salad, tetapi kamu juga bisa mengonsumsinya sebagai minuman. Jus mentimun akan membuatmu tetap sejuk dan tenang selama musim panas. Kandungan airnya yang tinggi dan jumlah kalori yang rendah menjadikan jus mentimun sebagai solusi untuk menurunkan berat badan.

Karena padat dalam air, jus mentimun membantumu merasa kenyang dengan mudah dan merupakan pengisi makanan yang enak. Peras beberapa jus jeruk nipis dan beberapa daun mint ke dalamnya dan kamu akan memiliki minuman musim panas yang menyegarkan dan sehat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Jus sayuran hijau

Bahan jus ini dapat bervariasi sesuai dengan keinginanmu, tetapi biasanya mengandung sayuran berdaun seperti bayam, kangkung atau kubis. Sayuran ini kaya akan sifat anti-inflamasi, antioksidan, tinggi serat dan rendah gula, sehingga menjadikannya jus yang sempurna untuk menurunkan berat badan. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Jus buah delima

Buah berair warna merah ini memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Selain, kaya akan antioksidan, vitamin A, C dan E, buah delima adalah buah padat nutrisi yang dapat dikonsumsi secara teratur dan tetap dapat membantu menurunkan berat badan. 

Menurut Jaiswal, sari buahnya bisa menjadi minuman rendah kalori yang bisa membantu dalam pengelolaan kadar gula darah. Selain itu, jus delima juga dapat membantu mengekang nafsu makan, membakar lemak, dan meningkatkan metabolisme sehingga menjadi cara sempurna untuk menurunkan beberapa kilo lemak dari perut.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Jus bit

Menurut Jaiswal, jus bit adalah minuman yang ideal untuk menurunkan berat badan karena padat serat dan membantumu kenyang lebih lama. Jus ini kaya akan mineral dan vitamin. Kamu dapat menggabungkan bit dengan wortel karena kombinasi tersebut dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)