FITNESS & HEALTH

Menurunkan Berat Badan VS Menurunkan Lemak, Apa Bedanya?

Raka Lestari
Kamis 30 Desember 2021 / 19:10
Jakarta: Penurunan berat badan mengacu pada penurunan berat badan tubuh secara keseluruhan. Mulai dari kehilangan otot, air, dan lemak. Sedangkan kehilangan lemak mengacu pada penurunan berat badan dari lemak, dan ini adalah tujuan yang lebih spesifik dan sehat daripada hanya penurunan berat badan.

Namun, sulit untuk mengetahui apakah tubuh kehilangan berat badan karena lemak atau otot. Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah perbedaan keduanya:
 

Cara mengetahui apakah tubuh kehilangan lemak


Sudah menjadi praktik umum untuk mengetahui apakah berat badan sudah turun dengan menggunakan timbangan. Meskipun ini dapat membantu, pada umumnya timbangan tidak bisa membedakan antara kehilangan lemak dengan kehilangan otot.

Karena alasan itu, hanya melacak berat badan saja bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk menentukan apakah kamu kehilangan lemak atau otot dan dalam jumlah berapa. Sebaliknya, timbangan lemak tubuh dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang komposisi tubuh dengan mengukur persentase lemak dan otot yang dimiliki.
 

Fokus untuk kehilangan lemak, bukan berat badan


Banyak program penurunan berat badan mengklaim dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah. Namun, penting untuk disadari bahwa sebagian besar berat badan turun karena kehilangan air dan otot.

Kehilangan otot dapat merugikan, karena otot adalah komponen penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mempertahankan persentase otot yang sehat memiliki beberapa manfaat, seperti mengatur kadar gula darah yang sehat, menjaga kadar lemak yang sehat (seperti trigliserida dan kolesterol) dalam darah, dan mengendalikan peradangan.
 

Cara menghilangkan lemak


Ada beberapa cara sederhana untuk memastikan tubuh dapat menurunkan berat badan dalam bentuk lemak dan mempertahankan atau menambah massa otot. Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya adalah makan banyak protein, berolahraga secara teratur, dan mengikuti diet padat nutrisi yang membuat tubuh mengalami sedikit defisit kalori.
(FIR)