FITNESS & HEALTH

Stres? Ekspresikan dengan Cara Kreatif Ini

Sri Yanti Nainggolan
Kamis 28 Oktober 2021 / 07:00
Jakarta: Tak sedikit orang yang merasa stres ketika menghadapi situasi sulit. Pada kondisi seperti ini, dibutuhkan strategi koping yang tepat agar dapat mengatasi stres yang dihadapi.

Salah satu strategi koping untuk menghadapi stres adalah dengan melakukan ekspresi kreatif (creative expression). Ini adalah mengekspresikan emosi melalui media-media yang menciptakan atau menghasilkan energi positif.

Koping adalah cara yang digunakan individu dalam menyelesaikan masalah, mengatasi perubahan yang terjadi, dan situasi yang mengancam, baik secara kognitif maupun perilaku.

Baca: Hobi Meneliti Sekaligus Dapat Hibah Miliaran Rupiah? Ini Tipsnya

"Kegiatan ini bisa dilakukan dengan media apapun dan dengan cara apapun,” tutur psikolog Universitas Airlangga (UNAIR) Galuh Kikiany dikutip dari laman UNAIR. 

Media untuk melepaskan stres secara kreatif

Menurut Kiki, creative expression lebih kepada bagaimana seseorang mengekspresikan emosi dengan media-media yang dimiliki.  "Walaupun hanya sekadar kertas, pensil warna, krayon, dan cat air," ungkap psikolog kilinis di iBunda.id ini.

Media-media tersebut sudah cukup untuk membantu seseorang untuk mengekspresikan emosi yang sedang dirasakan. "Dengan mengekspresikan emosi, mampu untuk mengurangi emosi negatif dan memunculkan emosi positif," lanjut Kiki.

Kegiatan melepaskan stres yang kreatif

Kiki menjelaskan bahwa ada banyak kegiatan yang termasuk dalam creative expression. Seperti menari, mendengarkan musik, mendongeng, bercerita, melukis, mewarnai, journaling, staycation, dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.

Staycation adalah salah satu cara mengekspresikan stres dengan kreatif. Foto: Shutterstock
 Staycation adalah salah satu cara mengekspresikan stres dengan kreatif. Foto: Shutterstock

"Staycation itu bisa dikatakan sebagai salah satu creative expression karena kita mencoba untuk mengeksplorasi kota atau tempat yang akhirnya membuat kita mengekspresikan emosi negatif kita. Kita tidak menahan lagi emosi negatif yang kita rasakan sehingga ketika kita staycation kita cenderung merasa bahagia," tambah Kiki.

Ekspresi kreatif meningkatkan kesejahteraan

Kiki menjelaskan terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa creative expression mampu meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan emosional yang dapat membantu seseorang untuk lebih relaks. 

"Ketika kita merasa tegang karena stres, kita cenderung untuk kembali merasakan emosi negatif," tegasnya.
 
"Saat kita melakukan aktivitas yang menyenangkan, maka otak kita akan melepaskan hormon dopamin, serotonin, dan oksitosin. Ketiga hormon ini adalah hormon yang memicu emosi positif kita," ucap Kiki.
(MBM)