FITNESS & HEALTH

Manfaat Edible Flowers untuk Kesehatan Usus

Raka Lestari
Rabu 28 April 2021 / 09:33
Jakarta: Biasanya orang menggunakan bunga yang bisa dimakan atau edible flowers hanya sebagai penghias makanan. Namun ternyata, edible flowers selain bisa dimakan juga bisa bermanfaat untuk kesehatan usus seperti meredakan peradangan dan memperbaiki pencernaan.

Ahli gizi Ginger Hultin, M.S., RDN menjelaskan, bunga yang dapat kamu makan seperti nasturtium, kembang sepatu, lavender, dan dandelion, seringkali memiliki beberapa manfaat terapeutik. Yaitu mengandung vitamin, mineral, dan sumber serat.

Sama seperti makan buah dan sayuran, makan bunga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi alami yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik. Tentu saja, pastikan bunga yang ingin kamu makan ditanam tanpa bahan kimia berbahaya seperti pestisida. Dan dengan cara yang aman, tetapi yang tidak menghilangkan juga sifat anti-peradangannya.

"Mereka mengandung senyawa yang diturunkan dari tumbuhan yang bermanfaat, seperti fitonutrien, yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi," Molly Knudsen, M.S., RDN.

Untuk itu, jika kamu ingin menambahkan nutrisi pada makanan tetapi bosan dengan buah dan sayuran, maka jenis-jenis bunga yang aman dikonsumsi bisa menjadi pilihan.

Healthline juga menyebutkan bahwa nasturtium bisa dijadikan sebagai tambahan bunga pada makanan yang mengandung banyak flavonoid dan senyawa anti-inflamasi yang dapat memengaruhi usus. Sarat dengan berbagai vitamin dan mineral, bunga ini dapat berfungsi sebagai tambahan salad atau bahkan bahan dalam saus atau pasta favoritmu.

Selain itu, Fennel atau Adas juga menawarkan bantuan pencernaan karena menenangkan otot-otot di saluran pencernaan dengan tingkat seratnya yang tinggi. Tambahkan biji adas atau adas ke dalam salad kesukaanmu, atau cobalah menambahkanyya pada teh untuk mendapatkan manfaat penyembuhannya.

Calendula, chamomile, dan dandelion pilihan klasik lainnya yang memiliki khasiat bergizi dan anti-inflamasi yang dapat meredakan sakit perut yang paling parah sekalipun. Entah itu kamu memakannya secara langsung atau menambahkannya pada teh atau minuman lainnya, manfaat kesehatan bunga dapat memenuhi tubuh dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk dicerna dengan baik dan berjalan efisien.
(FIR)