FITNESS & HEALTH

Cara Minum Kopi Ini Bisa Berikan Efek Negatif pada Tubuh

Raka Lestari
Minggu 18 April 2021 / 08:00
Jakarta: Pada dasarnya, minum kopi terutama di pagi hari bisa memberikan dampak positif bagi tubuh. Kopi memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun, membuat otak bekerja dengan baik, dan meningkatkan energi.

Akan tetapi, cara minum kopi yang salah justru bisa memberikan efek yang berkebalikan. Apa saja cara minum kopi yang sebaiknya dihindari? Berikut ini adalah daftarnya:
 

Menambahkannya dengan gula tambahan


“Biji kopi sudah memiliki manfaat antioksidan, tetapi menambahkannya dengan sirup gula, memberikan topping tambahan serta whipped cream, justru bisa memberikan kalori tambahan yang tidak diperlukan tubuh,” jelas Amy Goodson, MS, RD, CSSD, LD. 

Hal ini tentunya bisa menaikkan berat badan. Untuk mengatasinya, Goodson menyarankan untuk menggunakan susu rendah lemak dan sedikit pemanis dalam kopi favoritmu.
 

Mengonsumsinya secara berlebihan


“Sebenarnya, efek dari minum kopi akan berbeda-beda pada setiap individu. Dan ada dua masalah utama yang sering dikeluhkan, yaitu kandungan kafein dan keasaman pada kopi itu sendiri,” ujar Jamie Feit, MS, RD. 

“Kopi yang sangat asam dan dapat memperburuk refluks. Sedangkan kafein tidak buruk, tetapi bisa membuatmu terjaga di malam hari. Jadi, jika kamu tidak bisa tidur nyenyak di malam hari maka pikirkan kembali asupan kopi yang dikonsumsi.”
 

Menambahkannya dengan krimer


“Satu hal yang harus diperhatikan adalah memastikan tidak minum kopi dengan krimer dan gula berlebihan untuk menghindari penggabungan tingkat tinggi lemak jenuh yang tidak diinginkan. Menambahkannya dengan gula ketika sudah ditambahkan krimer sama saja dengan makan satu dessert,” ujar Ricci-Lee Holtz, RD.
 

Terlalu banyak mengonsumsi kopi


"Kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan insomnia, kecemasan, agitasi, sakit perut, mual, atau muntah," kata Shannon Henry, RD di EZCare Clinic. "Itu juga dapat menyebabkan sakit kepala, detak jantung tidak teratur, dan banyak efek samping lainnya."

Penting untuk membatasi asupan kafein yang kamu konsumsi setiap hari hingga batas 400 miligram saja per harinya. Jumlah itu setara dengan sekitar empat cangkir kopi setiap harinya.
(TIN)