FITNESS & HEALTH

Manfaat Saling Berbagi dalam Situasi Pandemi

Yatin Suleha
Minggu 22 November 2020 / 15:19
Jakarta: Banyak manfaat dari saling berbagi. Menurunkan sikap egois dan memberikan bantuan pada sesama semampu yang kita bisa dapat memberikan dampak baik pada diri kita.

Berbagi merupakan memberikan sedikit kebahagiaan kepada orang lain. Mungkin bukan selalu uang yang bisa kamu berikan, bentuk lainnya bisa berupa waktu atau berbagi ilmu. Atau dalam kondisi pandemi ini kamu juga bisa memberikan masker atau sabun untuk membersihkan tangan.

Paul Zak Founding Director of The Center for Neuroeconomics Studies dari Claremont Graduate University mengungkapkan bahwa ketika seseorang berbagi, tubuh akan melepaskan hormon oksistosin. 

"Hormon ini biasa disebut hormon yang biasa dilepaskan ketika seseorang berpelukan. Dan (hormon) ini dapat mengurangi stres," kata Paul Zak.

Sonja Lybomirsky dalam bukunya The Myth of Happiness juga menerangkan bahwa mau berbagi dengan sesama, artinya kamu menjadi pribadi yang lebih bersyukur. 

Dalam pandemi covid-19 ini berbagi masker atau APD juga bisa jadi alternatifnya. Hal ini juga dilakukan oleh PT Transmarco perusahaan lifestyle retailer yang berfokus pada pengembangan product footwear yang bekerja sama dengan One Stop Charity (OSC) menyelenggarakan kegiatan sosial berupa pemberian bantuan 1.200 masker dan 25 coverall jumpsuit kepada warga kelurahan Duri Pulo, Jakarta Pusat. 

Kegiatan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dalam membantu upaya pemerintah menghentikan penyebaran virus covid-19 dan mendukung gerakan #IndonesiaBermasker.

Bantuan tersebut dilakukan melalui program khusus dengan mengajak seluruh customer setia melalui brand Hush Puppies, Obermain, 101 Shoes, Playboy Shoes, LeSportsac dan CAT Footwear untuk ikut andil dalam memberikan dukungan sebesar Rp11.000 dari pembelanjaan mereka untuk ikut membantu sesama.

Pemberian bantuan ini juga merupakan salah satu bentuk Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang menjadi program rutin dari PT Transmarco. Melalui pemberian bantuan harapannya kegiatan yang baik ini dapat terus memberikan semangat dan kesadaran dari kita semua akan pentingnya saling tolong-menolong serta bisa membawa dampak yang positif bagi lingkungan dan masyarakat. 
(TIN)