FITNESS & HEALTH

Makanan untuk Jaga Kadar Gula Darah Pasien Diabetes

Raka Lestari
Rabu 05 Mei 2021 / 13:55
Jakarta: Mencari tahu makanan yang baik dikonsumsi untuk pasien diabetes mungkin bukanlah hal yang mudah. Bagi pasien diabetes, ketika memilih makanan yang dikonsumsi haruslah yang bisa menmgontrol tingkat gula darah. 

Namun, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang membantu mencegah komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.

Dilansir dari Healthline, berikut ini adalah makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatur kadar gula darah dan bagus untuk dikonsumsi pasien diabetes:
 

1. Ikan berlemak


Beberapa orang menganggap ikan berlemak sebagai salah satu makanan tersehat. Salmon, sarden, herring, anchovies, dan mackerel adalah sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang bagus, yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung. 

DHA dan EPA melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi penanda peradangan dan dapat membantu meningkatkan fungsi dari arteri.
 

2. Sayuran hijau


Sayuran berdaun hijau sangat bergizi dan rendah kalori. Mereka juga sangat rendah karbohidrat yang dapat dicerna, atau karbohidrat yang diserap oleh tubuh, sehingga tidak akan memengaruhi kadar gula darah secara signifikan. 

Bayam, kangkung, dan sayuran berdaun hijau lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C.


daiebets
(Mengonsumsi alpukat menjadi camilan sehat juga bisa tapi tanpa gula ya. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

3. Alpukat


Alpukat memiliki kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, kandungan serat tinggi, dan lemak sehat, jadi kamu tidak perlu khawatir alpukat dapat meningkatkan kadar gula darah. 

Konsumsi alpukat juga dikaitkan dengan peningkatan kualitas makanan secara keseluruhan dan secara signifikan menurunkan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI). 

Ini menjadikannya camilan yang ideal untuk penderita diabetes, terutama karena obesitas meningkatkan peluang untuk mengembangkan diabetes. Tetapi konsumsi alpukatnya tanpa gula ya Teman Gaya.
 

4. Telur


Telur memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Faktanya, mereka adalah salah satu makanan terbaik untuk membuatmu kenyang yang bisa dijadikan sebagai camilan. 

Telur mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik) dan mengubah ukuran dan bentuk kolesterol LDL (jahat).
 

5. Chia seeds


Chia seeds dalah makanan yang luar biasa bagi penderita diabetes. Mereka sangat tinggi serat, namun rendah karbohidrat yang dapat dicerna. Kandungan serat pada chia seeds dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat laju makanan bergerak melalui usus dan diserap. 

Chia seeds dapat membantu mencapai berat badan yang sehat karena serat mengurangi rasa lapar dan membuat kenyang.

(TIN)