FITNESS & HEALTH

Mengenal Batu Saluran Kemih dan Cara Mengatasinya

Kumara Anggita
Senin 03 Mei 2021 / 12:56
Jakarta: Batu saluran kemih adalah masalah kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja. Mengutip dari Hello Sehat, batu saluran kemih adalah batu yang tersangkut di saluran kemih, baik itu di ginjal, ureter, maupun uretra. 

Ini merupakan salah satu penyakit pada sistem urologi manusia. Batu saluran kemih terbuat dari garam dan mineral dalam urine yang menempel satu sama lain dan membentuk batu. 

Kebanyakan batunya berupa krikil kecil dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit ketika tetap berada di ginjal. Namun jika ukuran batunya lebih besar, hal ini bisa menyebabkan nyeri dan bahkan menghalangi aliran urine ketika batu bergerak melalui saluran yang sempit, yaitu saluran kemih ureter.


kemih
(Salah satu gejala umum dari batu saluran kemih yaitu rasa nyeri yang datang dalam gelombang dan berfluktuasi dalam intensitas. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

Gejala yang umum dirasakan antara lain:


- Nyeri berat di samping dan belakang, di bawah tulang rusuk
- Nyeri yang menjalar ke perut bawah dan pangkal paha
- Nyeri yang datang dalam gelombang dan berfluktuasi dalam intensitas
- Nyeri saat buang air kecil
- Urine yang berwarna merah muda, merah, atau coklat
- Urine keruh atau berbau tidak sedap
- Mual dan muntah
- Buang air kecil lebih sering daripada biasanya
- Demam dan panas-dingin jika ada infeksi
- Buang air kecil dalam jumlah sedikit
 

Cara mencegah batu saluran kemih muncul


Dr. Dyandra Parikesit, B.MedSc, Sp.U menjelaskan bahwa tidak banyak terapi yang bisa dilakukan untuk mengeluarkannya. “Pada umumnya batu harus dikeluarkan atau dengan terapi interfensi, tindakan operatif,” ungkapnya  dalam Live IG RS UI dengan Topik Waspada Batu Ginjal Selama Puasa.

Yang bisa kamu lakukan adalah pencegahan. Ia menyarankan kamu untuk menerapkan dua hal dasar antara lain:
 

Jangan sampai dehidrasi


“Kalau mencegahnya adalah jangan sampai kita dehidrasi dalam waktu berkepanjangan,” paparnya.
 

Membatasi asupan protein hewani dan garam

“Pembatasan asupan berbahan protein hewani dan garam. Jangan terlalu (banyak) setiap hari konsumsi seperti itu. Itu meningkatakn resiko terkena batu saluran kemih,” ungkapnya. 

Dengan seperti itu, risiko kamu terkena batu saluran kemih bisa lebih rendah. Tidak sulit bukan? Jadi jagalah kesehatan ginjalmu dari hal-hal sederhana ya. 


(TIN)