FITNESS & HEALTH

Simak 2 Cara Konsultasi Telemedicine

Yatin Suleha
Senin 05 Juli 2021 / 19:07
Jakarta: Hari ini Kemenkes menggandeng 11 platform telemedicine untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan melalui platform media yang bisa diakses secara daring. Ini tentu saja mempermudah kamu tanpa perlu harus ke rumah sakit dan berisiko terpapar covid-19.

“Maka kita bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” kata Menkes saat konferensi pers secara virtual, Senin, 5 Juli 2021.

Sebanyak 11 platform tersebut diantaranya Alodokter, GetWell, Good Doctor dan GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, dan KlinikGo. Kemudian Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan YesDok. Semua ini diberikan secara gratis dan untuk tahap awal fasilitas ini hanya berlaku untuk area Jakarta saja.

Bagaimana cara menggunakan telemedicine? Nah, untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan telemedicine jangan bingung ya. Yuk, kami pandu supaya kamu bisa berkonsultasi dengan cara telemedicine.


telemedicine
(Kamu juga bisa menggunakannya melalui smartphone untuk melakukan telemedicine. Foto: Dok. Medcom.id/Yatin Suleha)
 

Kami menggunakan Alodokter di smartphone, caranya sebagai berikut:


1. Ketik Alodokter di Google melalui handphone
2. Download aplikasi Alodokter 
3. Saat sudah terunduh kamu langsung berada di Home atau beranda dengan menu "Semua"
4. Pilih dokter yang berkaitan dengan penyakit atau dokter umum 
5. Klik bagian "Chat Sekarang" 
6. Tertera biaya konsultasi, misalnya Rp5.000. Jika kamu setuju, kamu bisa mengklik "Chat Sekarang"
7. Pembayaran konsultasi tersebut bisa dilakukan melalui Go-Pay, ShopeePay, OVO, dan transfer bank lainnya. Pilih salah satu untuk melanjutkannya, dan klik "Bayar Sekarang" dan lakukan pembayaran hingga tuntas 
8. Masukkan data diri kamu atau anggota keluarga yang ingin kamu konsultasikan (termasuk isi nama, tempat tanggal lahir)
9. Isi atau ketik keluhan kamu, klik kirim
10. Dokter akan memberikan beberapa pertanyaan seputar penyakit kamu, misalnya apakah kamu pernah mengalami sakit itu sebelumnya
11. Akhiri pertanyaan jika dirasa cukup. Selanjutnya kamu akan menerima rating untuk kamu nilai dan berikan komentar jika kamu ingin memberikannya. Jangan lupa bilang terima kasih ya Teman Gaya!


telemedicine
(Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berkonsultasi melalui telemedicine dengan komputer. Foto: Dok. Medcom.id/Yatin Suleha)
 

Telemedicine melalui komputer


Kami mencoba untuk melakukan telemedicine juga di platform Sehatq.com melalui komputer. Caranya tidak berbeda jauh dengan di smartphone, dan langkah-langkahnya sebegai berikut:

1. Ketik Sehatq.com di Google
2. Klik "Chat Dokter Gratis"
3. Pilih melanjutkan dengan akun Google, Facebook, atau email
4. Tertera kolom "Registrasi Konsultasi"
5. Isi "Keluhan Saya", "Tanggal Lahir", "Jenis Kelamin". Klik kolom kecil dari "Saya telah membaca dan menyetujui Syarat & Ketentuan SehatQ"
6. Klik "Lanjutkan", yang maksimal waktu diberikan selama 30 menit
7. Chatt akan berlangsung di kanan layar hingga selesai

Gunakan waktu semaksimal mungkin untuk berkonsultasi ya dan jangan lupa ucapkan terima kasih pada bantuan yang telah diberikan para nakes melalui telemedicine tersebut ya. Selamat mencoba ya Teman Gaya!
(TIN)