FITNESS & HEALTH

Makanan dan Minuman yang Meredakan Perut Kembung

Kumara Anggita
Kamis 03 Juni 2021 / 12:11
Jakarta: Kembung menjadi masalah yang sering muncul ketika mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, sembelit, ada gas berlebih dan masih banyak lagi. Kondisi ini biasanya umum terjadi dan bisa diatasi dengan mudah.

Salah satu cara yang mungkin berhasil mengatasi masalah kembung yang terjadi adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa dicoba yang dikutip dari Healthline:
 

1. Alpukat


Alpukat sangat bergizi, mengemas asam folat, vitamin C, dan K dalam jumlah yang baik ke setiap sajiannya. Alpukat juga kaya kalium, mineral penting yang berperan dalam mengatur keseimbangan cairan dan kadar natrium untuk mencegah retensi air.

Terlebih lagi, buah ini kaya serat, yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaanmu untuk mendukung keteraturan dan membantu mencegah sembelit dan kembung.
 

2. Mentimun


Mentimun mengandung sekitar 95% air, menjadikannya bagus untuk meredakan kembung. Studi menunjukkan bahwa ini dapat mencegah retensi air dan mengurangi kembung yang disebabkan oleh dehidrasi.
 

3. Yogurt


Yogurt dikemas dengan probiotik, jenis bakteri menguntungkan yang berperan penting dalam kesehatan usus. Menurut beberapa penelitian, probiotik dapat meningkatkan frekuensi dan konsistensi tinja untuk meningkatkan keteraturan.

Selain itu, probiotik telah terbukti mengurangi kembung yang disebabkan oleh kondisi. Seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), kelainan umum yang memengaruhi usus besar.
 

4. Teh hijau


Teh hijau adalah pilihan yang bagus untuk membantu kamu tetap terhidrasi dan mencegah retensi cairan. Sebab teh hijau penuh dengan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), yang dapat menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengurangi peradangan di tubuh kamu.

Teh hijau juga mengandung kafein, senyawa yang merangsang pergerakan saluran pencernaan dan bertindak sebagai pencahar alami. Pada akhirnya juga bisa mengurangi kembung.
 

5. Jahe


Jahe adalah ramuan yang terkenal karena kemampuannya untuk menenangkan gangguan pencernaan. Misalnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat mempercepat pengosongan perut untuk mencegah kembung dan perasaan kenyang.

Jahe juga mengandung enzim yang disebut zingibain, yang membantu memecah protein lebih efisien untuk mendukung pencernaan yang sehat.
(FIR)