FITNESS & HEALTH

Lelah Pasca Covid-19, Ini Strategi Bekerja yang Bisa Dicoba

Kumara Anggita
Senin 26 Juli 2021 / 19:06
Jakarta: Ketika sudah dinyatakan sembuh dari covid, para penyintas covid-19 akan lanjut bekerja seperti biasa. Namun, tanpa disadari saat bekerja, mereka sering merasakan lelah.

Menurut dr. Samuel Pola Karta Sembiring, studi Shendy (2021), sekitar 64,2 persen penyintas mengalami kelelahan setelah satu bulan sejak gejala pertama covid-19 muncul. 

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa penyintas covid-19 yang fatigue sering kurang produktif. Sebanyak 31 persen bahkan tidak kembali bekerja.

Karena itu, kamu perlu strategi yang tepat dalam menjalankan kerja sekaligus membuat tubuh kamu lebih fit. Berikut rekomendasi yang diberikan dr. Sam.
 

1. Bekerjalah dengan tenang dan lebih santai


“Memaksa bekerja, tergesa-gesa, dan multitasking tidak membantu pemulihan rasa lelah, Sebaliknya bekerjalah seimbang, tenang, santai, dan tidak terburu-buru,” katanya di Instagram @doktersam.


covid
(Dr. Samuel Pola Karta Sembiring mengatakan ada baiknya kamu menyicil pekerjaan jika kamu adalah penyintas covid-19. Ini menghindari kamu dari level kelelahan yang over. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Cicil pekerjaan


Ia mengatakan bahwa ketika kamu merasa punya banyak energi, tidak perlu berupaya mengerjakan semua pekerjaan sesegera mungkin. Karena itu hanya akan membuat lebih cepat lelah dan harus istirahat lebih lama.
 

3. Bekerja seimbang


Bekerja seimbang adalah kunci. “Ini tidak akan membuat rasa lelah berlebih, Sebab level kelelahan akan tetap terus berfluktuasi. Hindari over kapasitas dan istirahat berlebih,” paparnya.
 

4. Hati-hati berkendara


Ia menambahkan, penyintas yang masih mengeluh fatigue pasca covid-19 diharapkan berhati-hati saat mengendarai kendaraan. Jika merasa lelah, segera berhenti dan istirahat dulu.
 

Bagaimana jika pekerjaan menuntut bekerja cepat dengan berat? 


Menurutnya, fatigue pasca covid butuh penanganan dokter dari berbagai disiplin. Terutama dokter spesialis fisik dan rehabilitasi medik. 

“Jika masih mengalami stres pasca covid-19, berkonsultasilah dengan psikiater. Ini juga membantu pemulihan,” pesannya.
(TIN)