FITNESS & HEALTH

Tanda Kamu Kekurangan Zat Besi

Kumara Anggita
Rabu 09 Juni 2021 / 07:06
Jakarta: Kekurangan zat besi terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi mineral. Ini bisa terjadi karena diet kamu tidak tepat, hamil, menstruasi dan masih banyak lagi.

Namun, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka sedang kekurangan zat besi. Untuk itu, kenali beberapa tanda yang umum muncul yang dikutip dari Healthline.
 

1. Kelelahan yang tidak biasa


Merasa sangat lelah adalah salah satu gejala paling umum dari kekurangan zat besi. Kelelahan ini terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang dibutuhkan untuk membuat protein yang disebut hemoglobin, yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Tanpa hemoglobin yang cukup, lebih sedikit oksigen yang mencapai jaringan dan otot kamu, sehingga membuat mereka kehilangan energi. 

Selain itu, jantung kamu juga harus bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah kaya oksigen ke seluruh tubuh  yang dapat membuat kamu pada akhirnya merasa lelah.
 

2. Pucat


Kulit pucat atau warna pucat di bagian dalam kelopak mata bawah adalah tanda umum lainnya bahwa kamu kekurangan zat besi. Hemoglobin dalam sel darah merah memberi darah warna merah, sehingga kadar rendah selama kekurangan zat besi membuat darah kurang merah. Itu sebabnya kulit bisa kehilangan warna  yang sehat pada orang dengan kekurangan zat besi.
 

3. Sesak napas


Hemoglobin memungkinkan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika kadar hemoglobin rendah selama kekurangan zat besi, kadar oksigen juga akan rendah. Ini berarti otot tidak akan menerima oksigen yang cukup untuk melakukan aktivitas normal, seperti berjalan.

Akibatnya, tingkat pernapasan akan meningkat saat tubuh kamu  mencoba mendapatkan lebih banyak oksigen. Inilah sebabnya mengapa sesak napas adalah gejala umum.


4. Sakit kepala dan pusing


Kekurangan zat besi dapat menyebabkan sakit kepala, terutama pada perempuan. Hubungan antara kekurangan zat besi dan sakit kepala masih belum jelas. Tapi kemungkinan, sakit kepala dapat terjadi karena kadar hemoglobin yang rendah dalam sel darah merah. Ini membuat  oksigen tidak mencapai otak. Akibatnya, pembuluh darah di otak bisa membengkak, menyebabkan tekanan dan sakit kepala.
 

5. Rambut dan kulit kering dan rusak


Kulit dan rambut yang kering dan rusak bisa menjadi tanda kekurangan zat besi. Ini karena kekurangan zat besi menurunkan kadar hemoglobin dalam darah, yang dapat mengurangi jumlah oksigen yang tersedia untuk sel-sel yang membuat pertumbuhan rambut. Ketika kulit dan rambut kekurangan oksigen, mereka bisa menjadi kering dan lemah.
(YDH)