FITNESS & HEALTH

Eriksen Kolaps di Lapangan, Berikut 2 Penyakit yang Kemungkinan Menyerangnya

A. Firdaus
Minggu 13 Juni 2021 / 01:24
Kopenhagen: Gelandang Timnas Denmark, Christian Eriksen mendadak terjatuh ketika menjalani laga pertama Grup B EURO 2020 menghadapi Finlandia, Minggu 13 Juni 2021 dini hari WIB. Eriksen tiba-tiba jatuh ketika hendak menerima bola lemparan ke dalam dari rekan setim, jelang babak pertama berakhir.

Dalam beberapa kasus, ada dua tipe penyakit terkait kondisi atlet atau pesepakbola yang menimpa seperti Eriksen. Di antaranya, serangan jantung dan henti jantung.

Menurut Centers for Disease Control dan Prevention (CDC), serangan jantung disebabkan oleh gangguan suplai darah ke otot jantung (biasanya dikarenakan gumpalan di pembuluh darah koroner).

Sementara seperti dilansir Heart, henti jantung terjadi ketika sistem kelistrikan jantung yang sakit mengalami malfungsi. Kerusakan ini menyebabkan irama jantung tidak normal seperti takikardia ventrikel atau fibrilasi ventrikel. Beberapa sebab henti jantung juga karena sangat lambatnya irama jantung.

(Baca juga: Gawat, Christian Eriksen Ambruk di Tengah Laga Denmark vs Finlandia)

Sedangkan untuk penyebab lainnya dari henti jantung adalah, otot jantung yang menebal. Selain itu dalam kondisi tertentu, berbagai obat jantung dapat menyebabkan aritmia yang menyebabkan henti jantung mendadak.

Henti jantung juga disebabkan kelainan pembuluh darah. Seperti kelainan pembuluh darah bawaan, terutama di arteri koroner dan aorta, dapat menyebabkan henti jantung. Adrenalin yang dilepaskan selama aktivitas fisik yang intens seringkali bertindak sebagai pemicu henti jantung mendadak.

UEFA selaku penyelenggara EURO 2020 telah memberikan konfirmasi kondisi Eriksen telah stabil saat dilarikan ke rumah sakit. Kendati demikian, pertandingan ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.
(FIR)