FITNESS & HEALTH

8 Cara Mencegah DBD

Kumara Anggita
Selasa 15 Juni 2021 / 17:02
Jakarta: Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang bernama Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

DBD bisa dicegah dengan memerhatikan lingkungan sekitar. Pencegahannya cukup simpel, kamu bisa mulai dari bersih-bersih rumah hingga pakai obat nyamuk.

Agar lebih aman kamu bisa melakukannya dari sekarang. Berikut cara mencegah DBD yang bisa kamu coba dari berbagai sumber. 
 

1. Menerapkan 3M


Kementerian Kesehatan menganjurkan kamu untuk menerapkan 3M yaitu menguras dan menyikat, menutup tempat penampungan air, serta memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas.
 

2. Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk


DBD disebabkan oleh infeksi virus dengue yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Jenis nyamuk ini berkembang biak di genangan air. Jadi kamu perlu memerhatikan genangan-genangan air di sekitar rumahmu. Peliharalah ikan yang bisa makan jentik nyamuk agar telurnya tidak berkembang jadi nyamuk.
 

3. Menggunakan obat nyamuk


Untuk menghindari gigitan nyamuk, tentunya kamu bisa menggunakan obat nyamuk oles atau semprot. Dengan seperti itu, nyamuk tidak mau menggigit kamu atau mati karena semprotan itu. Bila kamu ingin yang lebih alami, kamu bisa pakai minyak kayu putih atau minyak esensial yang terbuat dari lavender, lemon, peppermint, atau serai.
 

4. Mengenakan pakaian tertutup


Rumah kamu mungkin sudah aman namun kamu tidak tahu kondisi di luar. Untuk melindungi diri, kamu bisa memakai pakaian tertutup sehingga nyamuk sulit untuk menembus kulitmu.


dbd
(Sejumlah penelitian membuktikan lavender ampuh mengusir nyamuk. Aroma harum dari minyak esensial yang terkandung di bunga lavender ternyata tidak disukai nyamuk. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

5. Menanam tanaman pengusir nyamuk


Selain mempercantik ruangan, tanaman tertentu ternyata bisa mengusir nyamuk juga. Kamu bisa tanam lavender, serai wangi, pennyroyal mint dan masih banyak lagi.
 

6. Konsumsi vitamin C


Daya tahan tubuh adalah komponen penting untuk melawan berbagai penyakit termasuk DBD. Untuk meningkatkannya, kamu bisa konsumsi vitamin C dari buah-buahan dan sayuran. 
 

7. Periksa tempat penampungan air


Karena nyamuk ini bertelur di air, kamu bisa periksa tempat-tempat yang berair di sekitar rumahmu. Bila kamu melihat jentik nyamuk, segera basmi dan bersihkan.
 

8. Memasang kelambu dan kasa


Memasang kelambu di tempat tidur serta kasa di pintu dan jendela bisa juga membantu. Kelambu dan kasa dapat menghalangi nyamuk menggigit kamu.
(TIN)