FITNESS & HEALTH

Apakah Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Raka Lestari
Sabtu 04 Desember 2021 / 15:14
Jakarta: Minum air putih yang dilarutkan dengan garam dianggap bisa mengatasi sakit tenggorokan. Tapi, cara itu masih perlu dibuktikan kebenarannya. Meskipun memang beberapa orang mengatakan bahwa, sakit tenggorokan yang mereka alami dapat berkurang setelah berkumur dengan air garam.

"Sebagian besar sakit tenggorokan terjadi karena virus, bukan bakteri. Sakit tenggorokan pada umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-7 hari. Air garam itu hipertonik," menurut Sam Huh, MD, Kepala Otolaringologi di Mount Sinai Hospital, Brooklyn.

Dalam artian, air garam memiliki tekanan osmotik yang lebih tinggi daripada cairan dalam sel tubuh. Jadi ketika kamu merendam sel-sel di tenggorokan dengan air garam, cairan dalam sel  akan ditarik ke permukaan. Begitu juga virus atau bakteri yang ada di tenggorokan, yang berarti kamu mungkin bisa membuang sebagian virus bersama dengan air garam.

"Kelembapan ekstra di permukaan tenggorokan juga membuat sakit tenggorokan terasa lebih baik," kata Dr Huh.

Tapi, sekali lagi, air garam bukan obat sakit tenggorokan. Air garam tidak akan menyerang sumber akar rasa sakit yang kamu alami, karena air garam hanya akan menenangkannya.

Akan tetapi jika kamu ingin berkumur dengan air garam, usahakan untuk tidak menggunakan garam dalam jumlah sedikit. Air harus dalam kondisi hipertonik.

"Coba pikirkan rasa air mata, harus lebih asin dari itu," ujar Dr. Huh.

Biasanya, dokter menyarankan untuk memasukkan seperempat sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat. Air yang digunakan harus dalam kondisi hangat, karena selain dapat membantu melarutkan garam, air hangat juga bisa membantu meningkatkan aliran darah di tenggorokan yang membuat sistem kekebalan tubuh dapat bekerja.

Jenis garam yang kamu gunakan tidak masalah. Garam apa pun akan berfungsi, selama kamu menggunakannya dalam jumlah cukup. Meskipun memang, garam yang memiliki butiran lebih kecil dapat larut lebih cepat dan mudah.

"Setelah berkumur dengan air garam pertama, kamu akan mulai merasa lebih baik dalam jangka waktu 24 jam. Namun yang perlu diperhatikan adalah kamu harus melakukannya secara rutin, untuk mendapatkan manfaat dari berkumur air garam secara maksimal," tutup Dr Huh.
(FIR)