FITNESS & HEALTH

Bivalen, Vaksin Baru Milik Moderna Tunjukkan Harapan Atasi Varian Covid

Mia Vale
Kamis 21 April 2022 / 17:38
Jakarta: Perusahaan farmasi Moderna telah mengumumkan bahwa versi baru vaksin covid-19 miliknya diyakini akan memberikan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama terhadap varian virus daripada vaksin aslinya. 

Hasil awal dari penelitian yang menguji vaksin yang menargetkan strain virus asli dan varian beta – yang disebut vaksin “bivalen” – tampaknya menghasilkan antibodi tingkat tinggi selama berbulan-bulan yang dapat menetralkan virus. 

"Kami percaya bahwa hasil ini memvalidasi strategi bivalen kami," ujar Stephane Bancel, CEO Moderna, dalam rilis berita. 

Bancel menambahkan bahwa vaksin bivalen lain yang menggabungkan strain asli dengan strain omicron tetap menjadi kandidat utama untuk kampanye vaksinasi musim gugur yang bertujuan melindungi orang dari gelombang musim dingin. 


bivalen adalah
(Bivalen, vaksin baru milik Moderna janjikan proteksi yang lebih tinggi. Foto: Ilustrasi/Charles Krupa/AP/USA Today)


Studi ini belum ditinjau oleh para ilmuwan independen dan menghasilkan reaksi beragam dari para ahli luar. "Makalah ini adalah 'bukti prinsip' yang mendukung konsep vaksin mRNA bivalen," tulis Nathaniel Landau, ahli mikrobiologi di Universitas New York, dalam email ke NPR. Tetapi Landau setuju bahwa versi khusus omicron mungkin yang paling berguna.

John Moore, seorang ahli imunologi di Weil Cornell Medicine, menyebut hasilnya "tidak mengesankan" dalam email ke NPR. 

"Apa yang ada di sini tidak mungkin mendukung peluncuran jenis vaksin bivalen ini - manfaatnya tidak akan membenarkan biaya dan kerumitan," tulis Moore.

Para peneliti sedang menguji beberapa versi baru vaksin Moderna dan Pfizer untuk melihat apakah mereka memberikan perlindungan yang lebih luas lagi pada varian Omicron

Pejabat federal berharap untuk melihat hasil yang cukup pada akhir musim semi ini untuk memberi perusahaan cukup waktu dalam memproduksi vaksin untuk putaran suntikan lain di musim gugur.

(TIN)