FITNESS & HEALTH

Dokter Syahril Jadi Jubir Kemenkes Terbaru

Mia Vale
Kamis 19 Mei 2022 / 19:05
Jakarta: Kita biasa melihat wajah dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid di mana pun selama pandemi menjadi juru bicara Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes). Namun kali ini pemerintah menetapkan wajah baru yang akan menggantikan tugas dr. Nadia tersebut.

Ia adalah dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH. Ia adalah Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso yang telah resmi menjadi juru bicara (Jubir) Kementerian Kesehatan. Ia disahkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/1053/2022 tentang Juru Bicara Kementerian Kesehatan.

Keputusan itu ditetapkan pada Jumat 1 April 2022. Berdasarkan surat keputusan menteri kesehatan, Dr. Syahril bertugas menyampaikan informasi terkait program bidang kesehatan, melakukan komunikasi publik terkait program bidang kesehatan berdasarkan strategi komunikasi yang ditetapkan.

Sebagai Jubir juga ia bertugas mendampingi pejabat yang berwenang memberikan informasi di lingkungan Kementerian Kesehatan pada saat wawancara atau jumpa pers terkait program bidang kesehatan, dan melaksanaan fungsi lain yang relevan dengan upaya membangun sinergi komunikasi terkait program bidang kesehatan.

Dr. Syahril mengatakan dirinya saat ini diberi tugas menjadi Jubir Kementerian Kesehatan dan berharap bisa mengemban amanah tersebut dengan baik.


dr. nadia kemenkes
(Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. Foto: Dok. Twitter Akun resmi Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik/@@djikp)

“Saya saat ini ditugasi tambahan sebagai Jubir. Mudah-mudahan dengan doa dan kebersamaan kita dapat mengambil amanah ini dengan baik,” katanya di hadapan wartawan usai konferensi pers update hepatitis di Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022.

Lantas kemanakah dr. Nadia? Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kembali mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/1133/2022 tentang Juru Bicara Kementerian Kesehatan pada Penyelenggaraan Rangkaian Pertemuan Bidang Kesehatan dalam Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Melalui surat keputusan itu, dr. Nadia resmi diangkat menjadi Jubir G20. Ia bertugas menyampaikan informasi terkait penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan dalam Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, melakukan komunikasi publik terkait penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan dalam Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 berdasarkan protokol komunikasi yang ditetapkan.

Dr. Nadia juga bertugas mendampingi pejabat yang berwenang memberikan informasi penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan dalam Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 pada saat wawancara atau jumpa pers terkait Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, melaksanaan fungsi lain yang relevan dengan upaya membangun sinergi komunikasi terkait penyelenggaraan rangkaian pertemuan bidang kesehatan dalam Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022.

Kepada wartawan dr. Nadia mengatakan setelah hampir 1,5 tahun bersama ia berterima kasih atas kerja sama yang selama ini dilakukan dengan kesabaran.

“Prinsipnya kita adalah mengedukasi dan semakin meliterasi masyarakat terutama pada saat pandemi,” ucap dr. Nadia.

(TIN)