FITNESS & HEALTH

FDA Dukung Penambahan Komponen Omicron pada Vaksin Booster Covid-19

Yuni Yuli Yanti
Kamis 30 Juni 2022 / 11:00
Jakarta: Panel penasihat FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) merekomendasikan untuk memperbarui vaksin booster Covid-19 di Amerika Serikat untuk memasukkan komponen Omicron. Selain itu, juga menekankan perlunya informasi lebih lanjut tentang seberapa baik suntikan ini bekerja pada jenis virus biru yang muncul.

Melansir dari WebMD, para panelis memberikan suara setelah CDC menyajikan informasi baru yang menunjukkan dua subvarian Omicron yang sangat menular, yaitu BA.4 dan BA.5, yang membuat lebih dari setengah jumlah kasus Covid-19 baru di Amerika Serikat.

"Dengan vaksin sebelumnya yang kehilangan efektivitas dari waktu ke waktu, dan risiko peningkatan kasus musim gugur ini, kita perlu bergerak lebih cepat,” ujar panelis FDA Michael Nelson, MD, PhD, dari Universitas Virginia.


(BA.4 dan BA.5 adalah dua subvarian Omicron yang sangat menular.  Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Peter W. Marks, MD, PhD, direktur FDA's Center for Biologics Evaluation & Research, mencatat bahwa ini adalah keputusan yang menantang, karena tidak ada yang memiliki "bola kristal" untuk mengetahui bagaimana virus yang disebutnya 'licik' itu akan berkembang.

"Vaksin idealnya akan diluncurkan pada musim gugur, tetapi masih ada pertanyaan yang harus dijawab tentang formulasi terbaik. Pemungutan suara panel adalah yang pertama dalam proses multi-langkah sebelum vaksin baru digunakan," tutur Marks.

Jika agensi itu sendiri mengikuti rekomendasi komite, vaksin baru akan dianggap resmi. Sementara panel ahli CDC sendiri, dan Direktur Rochelle Walensky, MD, harus menandatangani sebelum pasien dapat menerimanya.
(yyy)