FITNESS & HEALTH

10 Cara Mengatasi Gangguan Tidur pada Lansia

Kumara Anggita
Rabu 09 Juni 2021 / 15:09
Jakarta: Gangguan tidur pada Lansia adalah masalah yang bisa memengaruhi fisik dan juga mental. Gangguan tidur ini terjadi karena kuantitas dan kualitas tidur tak terpenuhi.

Menurut Dr. Pukovisa Prawiroharjo Sp.S(K), Dokter Spesialis Saraf RSUI, gangguan tidur ini ditandai dengan beberapa hal. Seperti kesulitan memulai tidur, tetap tertidur, dan terbangun lebih pagi.

Jika ini sering terjadi, lansia bisa mengalami stres yang tidak baik untuk kesehatan mentalnya. Tak hanya itu, kurang tidur juga memengaruhi kesehatan lansia secara keseluruhan.

“Hal-hal ini menyebabkan stres dan gangguan  termasuk kesehatan otak dan kesehatan lainnya. Kalau itu terjadi minimal 3 kali seminggu selama 3 bulan (tidur yang tidak bagus) maka ini sudah menjadi problem yang harus ditinjau,” jelasnya  dalam Seminar Awam Bicara Sehat RSUI Ke-40: Tidur Nyenyak Lansia Sehat di Era Pandemi.

Situasi ini harus segera diatasi dengan melakukan beberapa hal seperti:

1. Menjaga jadwal tidur dan bangun yang teratur.

2. Olahraga rutin di pagi hari dan sore hari. Hindari olahraga sebelum tidur.

3. Makan makanan bergizi dan rutin 3 kali sehari. Hindari makan sebelum tidur.

4. Hindari menggunakan gadget sebelum tidur.

5. Hindari konsumsi kafein 4 jam sebelum tidur (kopi, teh, coklat, soda).

6. Hindari merokok dan konsumsi alkohol.

7. Kurangi minum air sebelum tidur.

8. Mengatur kondisi kamar tidur. Buat ruangan gelap, sejuk, dan tenang.

9. Mandi air hangat, sikat gigi.

10. Buat tempat tidur bersih dan nyaman.
(FIR)