FITNESS & HEALTH

Mau Tinggi Badan Naik Alami? Simak 5 Olahraga Peninggi Badan Ini

Cindy
Rabu 15 September 2021 / 14:31
Jakarta: Artis Indra L Bruggman yang berhasil menurunkan berat badan karena berolahraga sepeda menjadi topik perbincangan warganet belakangan ini. Ternyata selain menurunkan berat badan, olahraga sepeda juga bisa membantu menaikkan tinggi badan, loh. 

Dilansir dari alodokter.com, olahraga secara teratur memiliki beragam manfaat. Di antaranya mampu memperkuat tulang dan otot, menjaga berat badan ideal, serta mengoptimalkan produksi hormon pertumbuhan. 

Apapun jenis olahraga yang dilakukan, kita bisa mendapatkan manfaat yang optimal jika dilakukan secara rutin. Selain itu, olahraga meninggikan badan ini akan lebih efektif jika dilakukan saat masa pertumbuhan. 

Berikut lima jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membantu tinggi badan Anda bertambah seperti dilansir dari berbagai sumber: 

1. Bersepeda


Bersepeda dapat meninggikan badan. Freepik.com.

Bersepeda adalah olahraga yang disukai hampir sebagian masyakat Indonesia selama pandemi covid-19. Tidak hanya membantu meningkatkan stamina dan imunitas tubuh, bersepeda juga membuat Anda lebih tinggi. 

Ketika Anda bersepeda, tubuh bagian bawah Anda diberi tugas berat untuk mengayuh pedal sepeda. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan. 

Bersepeda juga akan membuat paru-paru Anda bekerja keras untuk memasok darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Hal ini dapat membantu memperkuat tubuh bagian atas dan membantu dalam pertumbuhan. 

Baca: Bikin Indra Bruggman Kurus, Ini 8 Manfaat Lain Bersepeda
 

2. Basket

Permainan bola basket akan membuat Anda berlari dan melompat. Aktivitas berlari dan melompat ini akan merangsang pertumbuhan tubuh mencapai tinggi maksimal. 

Saat bermain basket, seorang atlet harus melompat sepanjang waktu untuk melakukan slam dunk, melempar bola, serta mengambil bola dari lawan. Loncatan kontan ini membuat tubuh "terbang" secara vertikal ke udara dan melawan gravitasi. 

Aktivitas ini mengakibatkan peregangan otot tubuh. Ketika menyentuh tanah, tubuh akan mengalami kontraksi. Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.
 

3. Berenang

Berenang bisa menjadi pilihan olahraga peninggi badan. Perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang ramping dan tinggi. Hal ini disebabkan karena berenang membantu memperkuat tulang belakang tubuh dan membantu Anda mencapai postur tubuh yang baik. 

Ketika Anda berenang, seluruh otot tubuh akan bergerak. Tubuh Anda juga diharuskan mengambang secara horizontal di air. Bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih besar. 

Apalagi bergerak secara horizontal saat berenang membuat Anda melawan gravitasi. Ini berarti dada dan tubuh bagian atas Anda secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas. 

Baca: 10 Minuman Pembakar Lemak Ini Bisa Turunkan Berat Bada
 

4. Lompat tali


Lompat tali, olahraga tradisional peninggi badan. Verywell.com.

Lompat tali dikenal sebagai olahraga tradisional untuk menambah tinggi badan. Olahraga lompat tali mengharuskan Anda melompat terus menerus. 

Melompat dapat membantu tubuh Anda untuk meregang dan berkontraksi, sehingga membantu meninggikan badan. Ada banyak saraf yang berasal dari telapak kaki yang terhubung dengan tubuh bagian atas Anda. 

Ketika Anda memutar tali, otot akan ikut meregang dan berkontraksi. Aktivitas ini menghasilkan hormon pertumbuhan ke seluruh daerah tubuh, termasuk tubuh bagian bawah. Alhasil, Anda akan menjadi lebih tinggi. 
 

5. Sepak bola

Bermain sepak bola juga dapat merangsang pertumbuhan secara alami. Bermain sepak bola membutuhkan banyak berlari yang sangat penting untuk menambah tinggi badan. 

Ketika Anda berlari, Anda akan meregangkan otot lutut dan paha Anda. Selain itu, bermain sepak bola membutuhkan banyak melompat saat menyundul bola, serta gerakan ke samping untuk menghindari lawan. Seluruh kegiatan ini dapat merangsang hormon pertumbuhan. 
(CIN)