FITNESS & HEALTH

Konsumsi Lemak Jenuh Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental

Kumara Anggita
Kamis 12 November 2020 / 11:05
Jakarta: Apa yang kita konsumsi bisa pengaruhi fisik maupun mental kita. Oleh karena itu, kamu baiknya makan yang sehat agar keduanya bisa sehat juga.

Menurut dr. Eva Maria Christine, M. Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik salah satu makanan yang buruk untuk kesehatan mental kamu adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Pastikan kamu tidak sering-sering memakannya apalagi menjadikannya kebutuhan harian. 

Kaitan lemak jenuh dan kesehatan mental adalah lemak jenuh membuat tubuh kamu stres. Bila kamu konsumsi ini terus-menerus, akhirnya tubuh kamu mengalami stres yang berkepanjangan. 

“Lemak jenuh itu lemak jahat. Ketika kita konsumsi lemak jenuh dari makanan, ini bisa meningkatkan kandungan lemak dalam tubuh kita,” paparnya dalam Diskusi Media dengan Tema Pendekatan Kesehatan Holistik untuk Indonesia Sehat. 

“Lemak ini sifatnya inflammatory, artinya bikin tubuh kita meradang. Tubuh kita saat itu cenderung melepaskan hormon stres namanya kortisol,” lanjutnya.

Tak hanya itu, lemak jenuh juga menurutnya mempengaruhi kesehatan pembuluh darah. Ini tidak secara langsung pengaruhi kesehatan mental kamu, namun tetap menjadi faktor pendorong yang perlu diperhatikan. 

“Yang kedua, juga lemak jenuh  menyebabkan penyempitan pembuluh darah, timbul plak. Kalau sudah ini, darahnya bisa tekanan darah tinggi dan buat berdebar-debar,” tutupnya.
(YDH)