FITNESS & HEALTH

Ibu jadi Penentu Keluarga dengan Imunitas Tubuh yang Kuat

A. Firdaus
Rabu 27 Januari 2021 / 20:30
Jakarta: Ibu yang bijak menjadi penentu keluarga dalam memenuhi serat dan nutrisi. Tak ayal keluarga pun terjamin akan daya tahan tubuhnya agar terhindar dari virus korona.

Dalam webinar bertajuk: Ibu Bijak, Siap Penuhi Serat dan Harian untuk Keluarga, dr. Hilna Khairunisa Shalihat M. Gizi, Sp.GK mengatakan, ibu bijak adalah kunci agar bisa menerapkan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI).

"Dengan menerapkannya, akan menghasilkan generasi sehat sehingga tumbuh cerdas dan kreatif. Pastikan juga mengonsumsi cukup serat agar pencernaan sehat dan imunitas tubuh makin kuat sehingga terlindung dari penyakit dan virus," ujar dr. Hilna.

Ibu menjadi sosok penting menghasilkan keluarga dengan imunitas tubuh yang kuat. Sehingga terlindung tidak hanya dari covid-19, melainkan juga penyakit serta virus-virus lainnya.

"Mengapa ibu? Karena sosok ibu adalah peran inti dalam menentukan dan memberikan makanan sehari-hari kepada keluarganya. Terutama dalam kondisi pandemi saat ini yang mana dibutuhkan asupan serat dan nutrisi sehingga imun tubuh kuat," terang Nourmatania, Scientific FibreFirst.

Untuk itu, memilih menu bisa menjadi strategi ibu dalam menyiapkan masakan. Chef Degan Septoadji menyarankan agar para ibu menyajikan makanan yang mengandung protein, juga sayur dan buah-buahan sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

"Memasak adalah hal yang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan jika memilih menu yang dapat memenuhi asupan serat dan nutrisi harian keluarga," kata Chef Degan.

Selain dengan makanan yang kaya serat, para ibu juga bisa menyiapkan suplemen kaya serat dan nutrisi dari ekstrak buah dan sayuran.

FibreFirst selaku penyelenggara webinar menghimbau agar keluarga Indonesia, khususnya para ibu, mulai membiasakan hidup sehat dengan mencukupi asupan serat dan nutrisi harian agar pencernaan sehat. Yang mana dengan pencernaan sehat maka imunitas tubuh kuat, karena faktanya adalah 70% sel imun terdapat di sistem pencernaan.
(FIR)