FITNESS & HEALTH

Pusing Jadi Salah Satu Gejala Covid-19?

Kumara Anggita
Senin 12 Oktober 2020 / 08:00
Jakarta: Gejala covid-19 yang utama adalah batuk, demam, dan sesak napas. Namun banyak orang yang mengalami gejala tambahan yang berbeda-beda, termasuk juga pusing. 

Dikutip dari Men’s Health, ulasan dalam Annals of Neurology mengungkapkan bahwa dari pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit, sekitar, setengahnya mengalami gejala yang memengaruhi sistem saraf, termasuk pusing. 

Tak hanya itu, gejala lain berupa hilangnya indra rasa dan penciuman, kesulitan berkonsentrasi, kejang, stroke, dan rasa lemas.

Para ahli juga mencatat bahwa mereka yang terinfeksi mungkin mengalami masalah ini sebelum mengalami demam, batuk, atau masalah pernapasan. Jadi penting untuk tetap waspada dan kenali rasa di tubuh kamu.


(Waspadai apakah pusing kamu disertai demam dan sesak napas atau tidak. Foto: Pexels.com)
 

Pusing covid-19



Ketahuilah pusing yang kamu rasakan itu tipe vertigo atau pusing yang bikin pingsan atau pusing yang buat tidak stabil. Jika sudah tahu, kamu tak perlu khawatir.

Sheri Dewan, M.S., M.D., seorang ahli bedah saraf di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital, mengatakan jika gejala berubah drastis dalam kaliber yang berarti frekuensi banyak, pusing terjadi panjang, dan pusing terjadi pada waktu yang berbeda dalam satu hari, mencoba perawatan normal sudah cukup. Bila tetap tidak ada perubahan, kamu perlu ke dokter untuk mendapatkan pencitraan.

Allen Towfigh, M.D., direktur medis New York Neurology & Sleep Medicine menambahkan bahwa pusing covid-19 biasanya dibarengi dengan gejala lain. 

"Pusing yang disebabkan oleh covid-19 kemungkinan besar akan disertai dengan tanda atau gejala lain yang menunjukkan infeksi covid-19, seperti demam, penyakit pernapasan, atau batuk,” ujarnya.
(TIN)