FITNESS & HEALTH

5 Sarapan Terbaik untuk Penderita Nyeri Sendi

Raka Lestari
Jumat 01 April 2022 / 12:10
Jakarta: Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan nyeri sendi. Mulai dari arthritis, aktivitas berat, atau usia, pilihan makanan juga dapat memengaruhi rasa sakit yang mungkin kamu rasakan. Umumnya, semakin sedikit makanan yang diproses, semakin besar manfaatnya bagi persendian dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kelompok makanan tertentu, seperti buah-buahan, sayuran, dan lemak sehat mengandung faktor unik yang dapat meringankan nyeri sendi yang mungkin dirasakan. Contohnya adalah beberapa makanan berikut ini:
 

1. Salmon asap


Ada beberapa alasan mengapa salmon layak ditambahkan ke sarapan. Utamanya adalah lemak sehat Omega-3 yang dikandungnya. Omega-3 adalah bentuk lemak esensial yang memainkan peran anti-inflamasi utama dalam tubuh, termasuk mengurangi peradangan yang mungkin terjadi pada persendian.

Beberapa potong salmon asap dengan roti gandum utuh atau dibungkus dengan keju krim adalah cara mudah untuk menikmati makanan anti peradangan ini.
 

2. Brokoli


Kamu mungkin tidak menduga bahwa brokoli juga bisa menjadi pilihan sehat untuk sarapan. Brokoli dan sayuran lainnya, seperti kembang kol dan Brussel sprouts, mengandung senyawa yang membantu memblokir enzim yang menyebabkan peradangan dan nyeri sendi.

Sayuran ini juga dikemas dengan antioksidan dan serat, menjadikannya tambahan yang bagus untuk makanan apa pun.
 

3. Kunyit


Kunyit dikenal dengan warna kuning cerahnya dan sering ditemukan dalam masakan kari. Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi nyeri sendi dan bahkan dianggap dapat meningkatkan daya ingat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Kunyit segar dapat dengan mudah ditambahkan ke smoothie yang dicampur, sementara kunyit bubuk kering dapat melengkapi sebagian besar hidangan gurih, mulai dari sup dan semur hingga salad dan tumisan.
 

4. Minyak zaitun


Minyak goreng ini dikenal karena lemaknya yang menyehatkan jantung, dan juga dapat membantu mengurangi peradangan sendi. Antioksidan dalam minyak zaitun dianggap berkontribusi paling banyak dalam manfaat anti-inflamasi. Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan extra virgin olive oil (EVOO) bahkan bisa mengurangi nyeri sendi saat dioleskan ke persendian.
 

5. Bawang putih


Dikenal karena rasanya yang tajam, bawang putih juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi nyeri sendi. Bawang putih juga menjadi obat populer untuk kondisi kesehatan dan dianggap memiliki banyak khasiat obat.
(FIR)