FITNESS & HEALTH

Ahli Bilang, Minum Kopi Setiap Hari Jadikan Hidup Lebih Lama

Mia Vale
Kamis 31 Maret 2022 / 18:05
Jakarta: Bagi pencinta kopi, boleh berbahagia. Karena ternyata, minuman berkafein ini bisa meningkatkan umur panjang, loh. Menurut sebuah studi baru oleh para peneliti di Inggris, minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi peluang kamu terkena penyakit kardiovaskular. 

"Karena kopi dapat mempercepat detak jantung, beberapa orang khawatir meminumnya dapat memicu atau memperburuk masalah jantung tertentu. Dan biasanya medis menyarankan untuk berhenti minum kopi," ujar penulis senior Profesor Peter Kistler dari Baker Heart Institute di Melbourne, Australia, dalam rilis media, seperti yang dinukil dari Yahoo.

Tetapi, tambah Kistler, data para ahli menunjukkan bahwa asupan kopi setiap hari tidak boleh dikecilkan, melainkan dimasukkan sebagai bagian dari diet sehat untuk orang dengan dan tanpa penyakit jantung. 


manfaat kafein
(Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Dan untuk melakukan penelitian ini, para peneliti melacak lebih dari 400.000 orang dari Inggris selama setidaknya satu dekade dan menemukan bahwa minum kopi memiliki efek netral. Artinya tidak membahayakan atau dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan jantung. 

Menurut ahli, peserta studi yang minum dua atau tiga cangkir kopi setiap hari paling diuntungkan, dengan risiko 10 hingga 15 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner, gagal jantung, masalah irama jantung, atau kematian dini. 

"Peminum kopi harus merasa diyakinkan bahwa mereka dapat terus menikmati kopi bahkan jika mereka memiliki penyakit jantung," jelas penulis penelitian. 

Kopi adalah penambah kognitif yang paling umum. Karena bisa membuat kita terjaga, membuat kita lebih tajam secara mental, dan merupakan komponen yang sangat penting dari kehidupan sehari-hari banyak orang. 

Selain itu, para peneliti menunjukkan bahwa biji kopi memiliki lebih dari 100 bahan kimia tanaman sehat yang mengurangi stres oksidatif dan peradangan sekaligus meningkatkan sensitivitas dan metabolisme insulin. Tapi, hindarilah meminum kopi jika itu membuat kamu merasa cemas.

(TIN)