FITNESS & HEALTH

Sakit Tenggorokan, Apakah karena Radang Amandel atau Covid-19? Cari Tahu Perbedaannya

Raka Lestari
Kamis 14 Oktober 2021 / 10:54
Jakarta: Salah satu gejala covid-19 yang cukup umum adalah sakit tenggorokan. Namun, sakit tenggorokan ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya adalah tonsillitis atau radang amandel. Untuk itu, ketahui terlebih dahulu perbedaan antara keduanya.

Menurut Mr Sharan Jayaram, konsultan ahli bedah kepala dan leher THT di Salford, Greater Manchester, meskipun sakit tenggorokan bisa menjadi gejala pada infeksi covid-19 tetapi itu relatif jarang terjadi.

“Gejala spesifik virus corona yang paling umum adalah batuk, demam, dan kelelahan. Namun, jika kamu mengalami sakit tenggorokan, yang terbaik adalah mengisolasi diri dan menjalani tes, terutama jika dikaitkan dengan gejala virus corona lainnya,” ujar Sharan.
 

Gejala radang amandel


Gejala utama radang amandel adalah demam, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Seringkali, seseorang dapat melihat amandel menjadi merah dan bengkak ketika melakukan pemeriksaan tenggorokan sendiri.
 

Cara membedakan keduanya


“Demam dan sakit tenggorokan adalah satu-satunya gejala yang umum untuk kedua kondisi ini. Seseorang dapat mencoba membedakan antara keduanya dengan menilai gejala terkait lainnya,” ujar Sharan.

Sakit tenggorokan biasanya dikaitkan dengan nyeri saat menelan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Sedangkan infeksi karena covid-19 dapat dikaitkan dengan batuk, kelelahan, kehilangan indra penciuman, nyeri dada, dan sesak napas.

“Karena flu dan infeksi covid-19 gejala ringan dapat menyebabkan gejala yang serupa, satu-satunya cara untuk membedakan keduanya secara meyakinkan adalah dengan melakukan tes covid-19,” kata Sharan.

Akan lebih baik untuk tinggal di rumah dan menghubungi dokter. Jika dokter merasa bahwa gejala yang dialami memenuhi beberapa kriteria untuk disebut tonsilitis bakteri, antibiotik dapat diberikan. Namun jika ada kecurigaan virus corona, dokter umum biasanya akan merekomendasikan tes covid-19.

“Seseorang juga harus mengikuti langkah-langkah sederhana seperti tetap terhidrasi, berkumur air garam, pelega tenggorokan dan menggunakan parasetamol,” tutup Sharan.
(FIR)