FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Kesehatan Daun Sirih, Salah Satunya untuk Diabetes

Raka Lestari
Rabu 02 Juni 2021 / 16:36
Jakarta: Daun sirih atau betel leaves sangat mudah ditemukan di Indonesia. Masyarakat biasa menggunakan daun sirih dalam acara adat, keagamaan, atau mengunyahnya secara langsung. Dan ternyata, daun sirih memiliki manfaat kesehatan di dalamnya.

Daunnya kaya akan vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, dan karoten. Selain itu daun sirih merupakan sumber kalsium yang baik. Karena sirih adalah tanaman merambat aromatik, kita dapat dengan mudah menanamnya sebagai tanaman hias di rumahmu mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal darinya.

Dan berikut ini adalah berbagai manfaat kesehatan dari daun sirih:
 

1. Membantu mengobati diabetes


Daun sirih dipercaya bahwa komponen yang ada di dalamnya dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mengobati diabetes. Kadar gula darah yang tinggi bisa membahayakan pasien yang memiliki diabetes. Untuk itu, mengonsumsi daun sirih yang bisa menurunkan kadar gula darah bisa sangat membantu.
 

2. Menurunkan berat badan


Daun sirih dapat digunakan secara efektif oleh orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan. Mengonsumsi daun sirih dapat mengurangi kandungan lemak yang ada di dalam tubuh dan meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Dengan begitu, bisa membantu dalam penururnan berat badan.
 

3. Mencegah zat karsinogen


Mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Yang perlu kamu lakukan adalah merebus 10 hingga 12 daun sirih selama beberapa menit dan menambahkan madu ke dalam air rebusan tersebut.
 

4. Membantu menyembuhkan luka


Daun sirih, bila dioleskan di atas luka dan dibalut, maka dapat menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan. Daun sirih juga banyak digunakan dalam pengobatan ala Ayurveda, yaitu pengobatan tradisional yang berasal dari India untuk mengobati bisul.
 

5. Mengobati sakit kepala


Jika kamu menderita sakit kepala yang sangat parah, mengonsumsi daun sirih bisa membantu meringankan. Daun sirih memiliki sifat pendinginan yang memberikan bantuan instan dari rasa sakit ketika diletakkan pada kepala yang sedang sakit tersebut.
(FIR)